MENU
icon label
image label
blacklogo

Kecuali Ini, Tak Ada Lagi Beda Antara Turbo di Mesin Diesel dan Bensin

APR 14, 2018@14:00 WIB | 1,588 Views

Mungkin Anda sudah tahu bahwa saat ini, kebanyakan mobil baru memakai mesin dengan kapasitas yang kecil, tapi tenaganya besar, dan performanya kencang.
 
Hal tersebut bisa terjadi karena adanya perangkat turbo pada mesin mobil-mobil modern. Dengan adanya turbo, maka tenaga dari sebuah mobil bisa meningkat hingga 1,5% dari tenaga standarnya.
 
Mobil yang menggunakan turbo tidak hanya yang bermesin bensin, pemakaian perangkat ini juga sudah jamak ditemukan pada mobil bermesin diesel.

Karena banyak perbedaan antara mesin bensin dan mesin diesel, mungkin banyak dari yang Anda yang menyimpulkan bahwa banyak juga perbedaan antara turbo di mesin bensin dan diesel.
 
Namun, anggapan tersebut ternyata tidaklah benar. Karena sesungguhnya, hanya ada satu perbedaan antara turbo di mobil bermesin bensin dan diesel.


 
Pada prinsipnya, kerja turbo di mesin diesel dan bensin sebenarnya tak berbeda, kecuali tekanan turbo mesin diesel yang lebih tinggi karena ia tak memiliki busi.

Lantaran tak punya busi, makanya mesin diesel hanya mengandalkan tekanan turbo untuk menyalakan solar. Selain perbedaan soal tekanan turbo, tidak ada lagi hal yang berbeda antara turbo di mesin bensin dan diesel. [APSG/timBX]

Tags :

#
turbo,
#
mesin turbo,
#
turbo diesel,
#
auto tips