MENU
icon label
image label
blacklogo

Vespa Bacchetta 1949: Vespa Tertua yang Kembali Mengaspal

FEB 27, 2020@18:00 WIB | 288 Views

Siapa sih yang tidak kenal Vespa, Penggila motor tua, pastinya wajib mengoleksi skuter asal Italia ini.

Lahir sejak 1946, Vespa sudah banyak dikumpulkan oleh para kolektor motor tua. Salah satunya adalah Andy Wardhana atau biasa dipanggil Om AW, yang menyimpan salah satu vespa terlangka di Indonesia. Yup, Om AW mempunyai Vespa Bacchetta 1949 motor yang memiliki bentuk sangat unik dan diklaim sebagai motor tertua di Indonesia saat ini yang masih bersurat.

"Vespa Bacchetta ini milik seorang dosen UI, namanya Hilarius Taryanto," ungkap Om AW.  "Ketika beliau meninggal, keluarga tidak ada yang bisa mengurus Vespa tersebut sehingga diputuskan untuk dijual. Setelah resmi pindah tangan, langsung saya urus surat-suratnya dan direstorasi,” lanjutnya.

Seakan jatuh di tangan yang tepat, Om AW ingin Vespa yang dikoleksinya dalam wujud asli alias orisinil sejak lahir. Dengan memakan waktu kurang lebih 5 bulan, Vespa Bacchetta pun berubah ke wujud aslinya. "Untuk merestorasi, saya tanya teman-teman Vespa dan melihat buku referensi Vespa dari Italia. Jadi untuk pemilihan warna dan komponen kita ambil dari buku," ungkap om AW.

"Untuk mesin, kita ambil beberapa komponen dari Vespa Douglas 1950-an," ungkap mas Nana selaku mekanik om AW. Memang mirip-mirip dengan Douglas 1950, namun hanya beda di torsinya saja," sambung Nana. Mesin 125 cc dengan kode V11-T dibantu dengan transmisi 3-speed mekanik. "Yang jadi ciri khas, koplingnya enggak pakai kabel namun batang besi pengungkit," lanjutnya.

Untuk komponen aksesoris, om AW mendatangkan langsung berbagai spare part dari Italia dan Jerman, seperti speedometer, standar tengah, lampu belakang. Alhasil, Vespa Bacchetta dengan kelir Metallic Green pun bisa mengaspal kembali.

Dari penelusuran Om AW, Vespa Bacchetta miliknya dibuat di Piaggio Factory, dan dijual di kota Brescia, Italia. Memang ada beberapa Vespa Bacchetta di Indonesia, tapi sepertinya hanya milik Om AW yang dalam kondisi baik dan surat-suratnya lengkap dan hidup.[Mqd/Hsn/timBX]

Tags :

#
motor,
#
vespa,
#
vespa bacchetta 1949