MENU
icon label
image label
blacklogo

Transformasi Subaru BRZ 2015 Menjadi Mobil Sport Andalan Karya Alan Bennett

APR 15, 2021@20:00 WIB | 561 Views

Mobil balap yang agresif dengan tenaga besar adalah hasil pekerjaan kustomisasi Alan Bennett dengan ide-ide yang cemerlang terhadap Subaru BRZ 2015.

“Tujuannya adalah agar mobil ini dapat bekerja lebih maksimal”, pernyataan misi yang kuat dan jelas oleh Alan untuk mengerahkan segala kemampuannya mengubah Subaru BRZ ini menjadi penguasa lintasan legal di jalan raya. Modifikasi ini adalah hasil karya pertamanya dengan konseptual yang besar. Mengubah dari nol menjadi karya yang begitu luar biasa.

“Sebelumnya saya belum benar-benar memiliki sejarah memodifikasi mobil. Saya pernah mengutak-atik 125, mengubah persneling untuk kecepatan ekstra saat masih muda, dan sedikit memodifikasi Honda Civic ketika berusia 17 tahun. BRZ ini pertama kali saya modifikasi secara keseluruhan, dan membuat saya bersemangat”.

Tidak dipungkiri dengan karyanya ini, Alan memang sudah berkecimpung dalam bidang otomatik, dilihat ia bekerja di Horiba Mira (sebelumnya di Asosiasi Riset Industri Motor), dan terlibat dalam tahap pengujian mulai dari menyiapkan kendaraan hingga memasang sensor, dan menyelaraskan kamera, perutean, sistem winching, dan sebagainya. Dimana pada dasarnya keseharian Alan dikelilingi oleh para ahli teknik. Jadi, tidak begitu berat untuk mengumpulkan para ahli untuk memberi saran tentang pembuatan mobil yang dimodifikasi.

Membeli Subaru BRZ second yang banyak kekurangan dan masalah, tidak membuat Alan putus semangat untuk memperbaiki dan mengubahnya. Bersama dengan Mike Jones, hal pertama yang diubah adalah mengganti supercharger yang sudah tidak digunakan lagi dengan turbo kecil yang rapi: Kit Tuning Developments menggunakan bilet besar Precision 5558 turbo yang dapat mengeluarkan lebih dari enam kali beban dari mesin FA20.

Coilovers reservoir jarak jauh BC Racing ZR digabungkan dengan LCA belakang yang disesuaikan dengan SPL, lengan jari kaki, dan lengan traksi, semua dibuat dari titanium ringan. Bagian depan dibingkai tabung dan bak lengkung berkerut dengan D2 BBK (6-pot di depan, 4-pot di belakang) dilengkapi dengan rangkaian lengkap jalur rem yang dikepang, setiap selang dan pipa keras diganti. Bagian roda juga diganti dengan Work Meister L3, bentuk konfigurasi ‘persegi’, dengan keempat dimensi yang sama: 11 x 18 inci, dibungkus dengan karet 2275/35 Michelin Pilot Sport 4.

Hampir pekerjaan pada mobil adalah kustom. Butuh waktu ratusan jam fabrikasi, karena semua yang ada pada mobil dilas TGI, semua pipa dibuat potong pai. Billy di HDF yang menyelesaikan hampir semua bagian kustom dari rollcage sampai depan tabung.

Pada bagian interior, kursi dan tali pengaman menggunakan racing carbon spa. Sedangkan bagian eksterior dipenuhi dengan penambahan kit bodi lebar Fly1 Motorsports V1 yang bekerja dengan Seibon yang disesuaikan dengan sayap karbon. Marsh Composites/ MPH Fab menyediakan pembagi karbon yang diperpanjang, penghapus jendela samping, bootlid GT, dan kap GT, serta pintu terbuat dari serat karbon.

Terakhir mobil dilengkapi dan dibungkus dengan Syco Graphix. Masih ada pekerjaan yang masih perlu dilakukan Alan untuk menyempurnakan mobil ini, seperti merapikan beberapa bagian yang akan ia lakukan di Big Bear Kustoms. [geo/asl/timBX]

Tags :

#
transformasi subaru brz 2015,
#
subaru brz 2015,
#
mobil sport,
#
alan bennett,
#
mobil balap,
#
subaru