MENU
icon label
image label
blacklogo

Toyota Kijang Kini Menginjak Usia 40 Tahun

JUN 09, 2017@21:00 WIB | 293 Views

Tidak hanya mampu bertahan, Toyota Kijang terus berkembang menjadi brand lokal terbaik di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) industri otomotif Indonesia. Bahkan, kendaraan ini berhasil menjadi salah satu ekspor andalan sektor industri otomotif nasional ke kancah pasar global.

Sejak kehadiran generasi pertama pada Juni 1977, total penjualan Toyota Kijang di Indonesia hingga kini sudah mencapai lebih dari 1.750.000 unit dan merupakan angka penjualan tertinggi di segmen MPV Indonesia. Kijang juga merupakan model pertama Toyota yang memasuki pasar global di tahun 1987.

Kehadiran Toyota Kijang tidak terlepas dari respon Toyota terhadap kebijakan pemerintah Indonesia dalam mengembangkan industri nasional melalui pengembangan alat angkut serba guna di pertengahan 1970-an. Menindaklanjuti kebijakan pemerintah tersebut, Toyota Indonesia merancang kendaraan yang sesuai dengan karakter spesifik pasar, serta kondisi geografis Indonesia dengan melahirkan generasi pertama Toyota Kijang dalam konsep Basic Utility Vehicle (BUV) yang diluncurkan pada Juni 1977.

Bahkan, dari sejumlah brand yang sama-sama lahir pada era 1970-an, di segmen MPV hanya Toyota Kijang yang mampu terus bertahan sehingga mendapat predikat sebagai legenda hidup pasar otomotif Indonesia.

Kemampuan Toyota Kijang menghadapi pasar yang kian dinamis itu, tidak terlepas dari konsep pengembangannya yang selalu mengacu pada perkembangan dinamika kebutuhan dan ekspektasi masyarakat Indonesia terhadap kendaraan keluarga. Ini merupakan karakter kuat Toyota Kijang yang membuat mobil tersebut tidak pernah bisa meninggalkan posisinya sebagai market  leader.

Keberhasilan Toyota Kijang yang kemudian diikuti Toyota Avanza dan Toyota Calya telah menempatkan Toyota sebagai market leader di segmen MPV dan sekaligus berkontribusi besar terhadap ekspor otomotif nasional. Prestasi ini juga telah menempatkan Toyota Indonesia sebagai empat besar dalam tataran penjualan Toyota Global setelah Jepang, Amerika Serikat, dan Cina. [bil/timBX]

Tags :

#
toyota,
#
toyota kijang,
#
blackauto