MENU
icon label
image label
blacklogo

Tesla Segera Bangun Pabrik Sendiri di China

APR 19, 2018@21:00 WIB | 106 Views

Seminggu setelah Presiden China Xi Jinping mengumumkan pembatalan mengenai tarif tinggi untuk pembuat mobil asing di China, Pemerintah “Negeri Tirai Bambu” tersebut secara resmi mulai menghapus pembatasan kepemilikan mobil asing dari pabrik mobil lokal.

(Dicabutnya peraturan tarif impor membawa angin segar bagi Tesla)

Perubahan tersebut membuka pintu bagi Tesla untuk segera memiliki pabrik sendiri di China tahun ini.

Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional China mengatakan semua pembatasan kepemilikan akan dicabut selama masa transisi lima tahun, tetapi pencabutan pembatasan untuk produsen kendaraan listrik akan menjadi yang pertama untuk dilaksanakan.

(Sebelumnya tarif impor Tesla ke China dikenakan sebesar 50%)

Dilansir dari electrek, sebelumnya perang dagang antara AS dan China mengakibatkan produsen otomotif asing di China harus dibebankan tarif yang mahal untuk mengimpor kendaraan, serta larangan pembukaan pabrik pribadi.

Tesla dibebankan tarif impor 25% dan undang-undang proteksionis China yang kuat yang melarang produsen mobil asing memiliki lebih dari 50% fasilitas manufaktur lokal. Tapi China melunakkan sikapnya Minggu lalu dan secara resmi menghapus pembatasan kepemilikan Minggu ini.

Jika dilihat ke belakang, produsen otomotif lainnya lebih dahulu membuat MoU dengan pabrikan lokal untuk membangun pabrik otomotif patungan yang memproduksi kendaraan listrik dan telah berjalan selama setahun terakhir.

(Dengan dibangunnya pabrik Tesla di China, maka pemasaran kendaraan akan semakin luas)

Pabrikan tersebut harus melakukannya agar cepat meningkatkan produksi EV dan tidak dikenakan sanksi untuk bisnis mobil bertenaga gas saat ini di Cina.

Tesla adalah satu-satunya pembuat mobil yang mampu bertahan karena tidak memiliki bisnis mobil bertenaga gas yang perlu dikhawatirkan dan memungkinkan perusahaan Elon Musk tersebut untuk menunggu perselisihan antara kedua Negara tersebut sampai mencapai kesepakatan untuk dapat membangun pabrik yang sepenuhnya akan dimiliki Tesla.[prm/timBX]


 

Tags :

#
autonews,
#
tesla,
#
china,
#
pabrik