MENU
icon label
image label
blacklogo

Terinspirasi Mercedes-Benz 300 SL, Tamarit Ciptakan Thruxton Gullwing X

JAN 29, 2021@08:00 WIB | 298 Views

Setiap pecinta mobil atau otomotif pasti mengetahui Mercedes-Benz 300 SL, mobil pertama yang pintunya dibuka keatas, dan menjadi mobil sport paling ikonik pada masanya. Teknik pintu yang dibuka ke atas itu disebut dengan gullwing.  

300 SL menginspirasi Tamarit untuk membuat sepeda motor edisi terbatas yang diberi nama Gullwing X. Sepeda motor ini memiliki desain dengan bodywork yang baru, menggunakan pengaturan monocoque dengan engsel yang dipasang di depan memungkinkannya untuk diangkat ke atas dari bagian belakang.

‘X’ merupakan versi terbaru dari desain Gullwing dan menjadi prototipe pertama dari sembilan seri terbatas ini. Jose Antonio menyebutkan sepeda motor ini sebagai versi sport dengan rem, pelek, karburator dan pendingin mesin yang diupgrade sedemikian rupa untuk terlihat lebih cantik dan klasik.

Bagian yang menarik adalah karburator Triumph Thruxton yang didukung oleh mesin kembar paralel klasik berpendingin udara 865 cc yang menghasilkan tenaga 70 hp.

Tamarit mengatakan bahwa versi ini seperti menciptakan 98 kuda berkat mesin yang dibangun kembali, katup yang luas, hot cam, dan memanfaatkan mesin Tamarit ‘Speedster’ yang mengalir bebas. Dua karburator balap flat Keihin FCR 39 dengan sensor TPS juga ditambahkan pada motor ini.

Tumpukan kecepatan yang ada di gambar diganti dengan sepasang filter pod K&N untuk penggunaan di jalan raya, tetapi mesin yang digunakan memiliki tarikan yang lebih kuat dan lebih halus di seluruh rentang putaran. Ada juga penyiapan oil-cooler-in-frame kustom, dengan sirip mesin yang membantu sistem pendingin bekerja lebih efektif.

Body motor ini terbuat dari fiberglass dengan sel bahan bakar terbaru yang dikaitkan melalui rangka-rangka bagian dalam. “Tantangan terbesarnya adalah memasang hidrolik di dalam, sehingga bodi satu bagian dapat diangkat untuk mengakses baterai dan perangkat elektronik lainnya” jelas Jose.

Komponen hidrolik terdapat di dalam tabung rangka, di bawah empat bantalan kursi gel dari unit ekor yang diperpendek dan subframe khusus. Ada unit engsel di leher kemudi dan bodi diamankan ke rangka dengan banyak pin. Dibutuhkan pergantian kunci yang tepat untuk melepaskannya.

Fairing dirancang dan dibuat dengan tangan oleh Tamarit dan dibentuk untuk menggemakan lekuk retro dari 300SL.

Pada bagian roda juga menakjubkan berkat desain Kineo gentle-weight ‘Radio’, sangat pas dengan cakram Galfer dan kaliper Beringer, serta tuas Kustom Tech pada palang. Tip Triple Tree dibuat khusus dengan penghitung kecepatan digital dari Motogadget dan lampu peringatan yang berguna menahan kenyamanan kokpit.

Dengan desain dan mesin yang menakjubkan Gullwing X adalah perpaduan yang tepat modern tapi juga klasik. Apakah Anda tertarik untuk memiliki sepeda motor kustom ini? [geo/asl/timBX]

Tags :

#
mercedes-benz 300 sl,
#
thruxton gullwing x,
#
motor custom,
#
jose antonio