MENU
icon label
image label
blacklogo

Setelah Hilux, Toyota Juga Mengembangkan Corolla Cross Bertenaga Hidrogen

DEC 07, 2022@14:00 WIB | 1,064 Views

Toyota semakin serius dalam menjajaki kendaraan ramah lingkungan saat ini. Baru-baru ini, Toyota memperlihatkan Corolla Cross Hydrogen Concept berbekal mesin 1.6 liter turbocharged tiga silinder dari GR Corolla yang sudah dimodifikasi dengan injektor hidrogen.

Menggunakan teknologi tangki hidrogen dari Toyota Mirai, Corolla Cross Hydrogen Concept mampu menampung lima penumpang beserta barang bawaannya. Toyota sendiri sedang mengembangkan Corolla Cross Hydrogen Concep dan akan memulai pengujian musim dingin di Jepang utara.

Pada tahun 2021, Toyota Mirai bertenaga hidrogen mencetak Guinness World Record setelah menempuh jarak 1.360 km dengan satu tangki hidrogen. Kelebihan dari tangki hidrogen ini adalah waktu pengisian bahan bakar yang lebih cepat, dan mengurangi ketergantungan pada sumber daya yang terbatas seperti litium dan nikel yang digunakan untuk produksi baterai pada kendaraan listrik.

Toyota mengklaim bahwa Corolla Cross Hydrogen Concept sudah 40% menuju dapur produksi. Menjelang peluncurannya, Toyota meluncurkan fasilitas produksi hidrogen pertamanya di Melbourne, Australia tahun lalu yang dikatakan mampu menghasilkan 80 kg hidrogen per hari.

Desember lalu, Toyota mengungkapkan GR Yaris bertenaga hidrogen diikuti oleh mesin bertenaga hidrogen V8 5.0 liter beberapa bulan kemudian. Dikembangkan bersama Yamaha, mesin tersebut diklaim menghasilkan tenaga dan torsi yang sebanding dengan mesin bensin. [fdlh/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
toyota,
#
toyota corolla cross hidrogen,
#
hidrogen,
#
crossover,
#
corolla cross,
#
mobil