MENU
icon label
image label
blacklogo

Setelah 21 Tahun, All New Toyota Century Hadir dengan Mesin Hybrid

JUL 01, 2018@16:00 WIB | 491 Views

(Mobil limosin Jepang ini meneruskan sisi kemewahan pendahulunya, sebagai Century Generasi ke-3)

Toyota akhirnya meluncurkan kembali Century generasi ke-3. Luxury flagship ini telah mengalami redesign pertama kali dalam dua dekade terakhir. Toyota all new Century ini dilengkapi dengan powertrain hybrida, suite driver-assist, dan audio yang berkelas premium.

Debut Toyota Century pertama kali muncul di Tokyo Motor Show, kemudian  Toyota baru mulai menjualnya di seluruh wilayah Jepang pada bulan Juni ini. Tentunya mobil ini akan memberikan prestige tersendiri, karena tidak lagi menggunakan lencana Toyota, namun karena jarak dengan generasi sebelumnya yang berjangka 21 tahun.

(Ruang masuk penumpang yang berkelas)

Secara historis, Toyota kali pertama meluncurkan merek Century pada tahun 1967, untuk memperingati ulang tahun ke 100, founder Toyota Group, Sakichi Toyoda. Semenjak launching pertama, armada mewah tersebut, banyak digunakan oleh pelaku bisnis, para kaisar dan pejabat tinggi di Jepang.

Sebagai sedan ultra luxury, telah mengadopsi evolusi teknologi, dengan style terbaru dan mempertahankan sisi klasik di beberapa titik. Generasi sebelumnya diproduksi tahun 1997, evolusi pun beranjak ke sisi powertrain, dengan menggunakan mesin hybrid V8 berkapasitas 5.0 liter, dan menanggalkan mesin V12. Ditambah perbaikan kompartemen penumpang belakang dan gaya yang lebih kekinian.

(Penumpang dimanjakan dengan fitur-fitur dapat dikontrol melalui panel)

Mesin 2UR-FSE V8 berkapasitas 5.0 liter memberikan daya 376 hp dan torsi 509,8Nm. Sementara mesin elektriknya memberikan daya total output menjadi 425 hp. Toyota mengklaim mobil sedannya lebih smooth saat dikendarai, tenang, dan hemat bahan bakar. 

Perbaikan kabin penumpang, dan sentuhan gaya eksterior yang diperbaharui, cukup lebih baik dari century generasi ke 3. Penumpang dapat mengontrol penuh kenyamaan melalui fitur pada panel touchscreen 7 inci, yang menawarkan pengaturan audio, climate, kursi pijat dan tirai. Beberapa finishing trim kayu dan finishing kain menambah kekayaan fitur.

(Grille terlihat lebih besar dan badge berlambang phoenix untuk personalitas Century)

Sisi eksterior terlihat, dengan gril besar dan lampu depan LED dengan adaptive high beam technology yang memberikan kesan cukup kuat. Lambang burung phoenix juga menjadi bagian dari all new Toyota Century.

Wheelbase 65mm memberikan ruang yang leluasa  untuk tempat duduk dan ruangan kaki penumpang yang lega. Nah untuk kenyamanan kepala, ruang headroom diperlebar.Ini didukung dengan side sills 15 mm, memungkinkan penumpang masuk jadi lebih mudah dan lantai yang cenderung lebih datar.  Didukung dengan suspensi udara yang dikontrol secara elektronik dan fitur pengurang kebisingan membuat kenyamanan penumpang.

 (Ruang kabin pengemudi yang telah dipenuhi dengan fitur kekinian)

Apalagi keunggulannya sosok All New Toyota Century, fitur unggulan apa yang diberikan untuk pengemudi? Toyota menyematkan fitur Toyota Safety Sense, yang meliputi pre-collision system, lane departure alert, adaptive high beams dan radar cruise control, parking support alert dan blind sport monitor. 

Toyota berencana membangun 50 unit per bulan, di Higashi-Fuji Plant. Harga all new Toyota Century  dijual sekitar USD177 ribu atau mencapai Rp2,54 miliar untuk negara Jepang.[Ahs/timBX]

Tags :

#
auto news,
#
toyota,
#
all new toyota century,
#
luxury sedan