MENU
icon label
image label
blacklogo

Romain Grosjean Bandingkan Balapan di Formula 1 dan Karting

JUN 19, 2019@17:00 WIB | 486 Views

Romain Grosjean mengatakan waktu yang dihabiskan untuk mengemudikan karting dengan gearbox 125cc menjadi penegasan kembali tentang bagaimana Formula 1 perlu diubah.

Pembalap Haas tersebut telah menjadi pendukung utama perubahan peraturan F1 sehingga pengemudi dapat melakukan lebih banyak hal selama balapan.

Sementara hal tersebut sering dianggap karena F1 pindah dari ban yang terlalu sensitif terhadap overheating atau degradasi, Lewis Hamilto sering menyerukan keinginannya untuk perubahan mobil yang lebih menggunakan fisik saat dikemudikan.

Ditanya tentang pandangan itu, Grosjean mengatakan, "Saya balapan go-kart dengan teman-teman saya dengan gearbox 125cc dan saya merasa lebih lelah daripada melakukan balapan Formula 1.”

"Kenapa? Karena Anda menggunakan fisik sepanjang waktu, Anda tidak bermain aman, dan yang paling penting kami mengatur ban sepanjang waktu.”

"Di Barcelona, rasanya Anda mengemudi dengan 40% atau 50% dari kapasitas mobil, dan itu tidak sulit.”

"Jika hanya ingin rekor lap yang berkualitas, Anda akan berusaha dengan keras untuk setiap lap dan kemudian Anda akhirnya benar-benar kacau, dan akan kelelahan.”

"Jika harus mengisi bahan bakar, Anda bahkan merasa lebih lelah. Ini tentang bagaimana sulitnya pada tubuh, bagaimana sulitnya pada konsentrasi."

Toto Wolff (pimpinan tim Mercedes) pun sempat menyarankan dihilangkannya power steering untuk membuat mobil memiliki tantangan fisik yang lebih besar.

Tetapi Grosjean mengatakan ia telah meminta berkali-kali alat-alat yang dibutuhkan oleh pengemudi.

"Saya pikir jika kita kehilangan power steering, kita tidak bisa memutar setir," katanya. "Jadi saya tidak berpikir itu akan banyak berubah.”

Grosjean mengakui dia tidak memiliki solusi "ajaib" untuk masalah F1 yang tampak, tetapi dia menekankan penting bagi pengemudi untuk memberikan tanggapan.

"Kita semua sadar ada ruang untuk membuat perbaikan di banyak bidang," katanya. “Tetapi jika kita tidak mengubah apa pun, jelas tidak ada yang akan berubah.”

"Mungkin apa yang saya katakan adalah omong kosong dan saya benar-benar kehilangan bagian dari persamaan. Ketika saya mengatakan kita harus melakukan ini, mungkin saya lupa beberapa alasan mengapa kita tidak boleh melakukannya juga.”

"Tapi setidaknya saya mengungkapkan ide. Itu bisa saja benar-benar salah, mungkin tidak layak, tapi saya sedang mencoba."

Tags :

#
grosjean,
#
f1,
#
haas