MENU
icon label
image label
blacklogo

Punya Prinsip Yang Sama dengan Mobil Biasa, Beginilah Kinerja Suspensi Mobil F1

JAN 27, 2022@14:00 WIB | 189 Views

Mobil balap Formula 1 secara kasat mata memiliki banyak perbedaan dengan mobil jalanan biasa, tetapi masih terikat oleh hukum fisika yang sama. Jadi, seperti semua mobil, mobil F1 membutuhkan suspensi untuk membuat roda bersentuhan secara maksimal dengan permukaan jalan dan menyerap guncangan. Seri video dua bagian dari Chain bear, kanal Youtube yang sering membahas hal-hal mengenai F1, menunjukkan bagaimana suspensi mobil balap F1 bekerja dan bagaimana prinsipnya mirip dengan mobil kebanyakan.

Bagian pertama menjelaskan dasar-dasar suspensi. Alternatif pemasangan gardan langsung ke sasis memberikan pengendaraan yang tidak nyaman, dan menimbulkan ketidakstabilan mobil F1 di lintasan balap, yang pada akhirnya berlanjut pada grip ban yang tidak konsisten. Kenyamanan berkendara bukanlah hal yang diutamakan ketika balapan, tetapi suspensi juga membantu menghasilkan traksi maksimal dengan menjaga agar ban tetap bersentuhan dengan permukaan trek sebanyak mungkin.

Suspensi F1 melakukan fungsi yang sama dengan suspensi mobil biasa, tetapi dengan perangkat keras yang berbeda. Mobil F1 saat ini menggunakan push rods, pull rods, torsion bars dan komponen-komponen lainnya yang tidak dimiliki sebagian besar mobil produksi massal.

Bagian 2 menjelaskan bagaimana komponen-komponen ini bekerja bersama. Salah satu ujung batang dorong atau batang tarik terhubung ke roda dan ujung lainnya terhubung ke rocker sasis. Saat roda bergerak ke atas dan ke bawah, rocker akan berputar. Batang torsi yang terpasang pada rocker menahan putarannya dan terhubung ke peredam untuk membatasi gerakan. Begitulah cara suspensi menyerap guncangan.

Selain itu, suspensi juga harus menyerap gaya lain yang bekerja pada roda, seperti perpindahan bobot yang terjadi saat pengemudi mengerem atau berbelok di tikungan. Jika kedua sisi suspensi dikompresi pada saat yang sama (disebut heave), pegas heave yang dipasang di antara rocker dapat melawannya. Demikian pula, anti-roll bar membatalkan body roll ketika salah satu sisi suspensi terkompresi.

Perlu dicatat bahwa penjelasan di atas hanya gambaran umum mengenai suspensi mobil F1. Masing-masing tim F1 memiliki konfigurasi dan desain suspensi-nya sendiri untuk mendapatkan keunggulan atas kompetitor. [fkg/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
formula 1,
#
f1