MENU
icon label
image label
blacklogo

Produsen Mobil Diam-diam Takut dengan Apple

APR 06, 2021@15:00 WIB | 278 Views

Meskipun gagal mencapai kesepakatan manufaktur dengan Hyundai atau Nissan, Apple masih tertarik untuk membangun mobil listrik baterai murni miliknya sendiri. Update terbaru adalah bahwa raksasa teknologi sedang mengadakan pembicaraan dengan Canadian pemasok suku cadang mobil Magna, yang sudah menandatangani kesepakatan untuk membangun Fisker Ocean mendatang. Waktu akan memberi tahu jika ada sesuatu yang datang darinya. Namun sejak proyek mobil Apple kembali menjadi sorotan, para eksekutif puncak dari pembuat mobil seperti VW, BMW, dan Toyota secara terbuka menyatakan bahwa mereka tidak takut dengan calon pesaing masa depan ini. Namun, di balik layar, ada kekhawatiran.

Automotive News Europe melaporkan produsen mobil lain khawatir karena kemampuan Apple untuk melengkapi mobil dengan ekosistem perangkat lunak yang sudah digunakan oleh jutaan pengguna iPhone. Ekosistem itu sendiri bisa menjadi aset terbesar Apple di masa depan, menurut Arndt Ellinghorst, seorang analis di Bernstein Limited. "Itulah mengapa saya pikir itu salah satu ketakutan terbesar bagi pembuat mobil tradisional di luar sana. Mereka akan jauh lebih ditakuti oleh Apple daripada oleh Rivian atau Lucid atau Fisker atau bahkan oleh Nio," paparnya.

Perusahaan tidak percaya mobil Apple akan tiba sebelum 2024 dan, mungkin, tidak sampai 2028 karena perusahaan telah menetapkan standar yang sangat tinggi untuk meluncurkan produk baru dan telah meninggalkan penawaran baru di masa lalu sangat terlambat dalam pengembangan. Pengerjaan proyek mobil Apple dimulai pada tahun 2014. Apple masih terus mengembangkan perangkat lunak otonom tetapi itu bukan pemimpin industri saat ini.

Kehormatan itu dimiliki oleh divisi mengemudi otonom perusahaan induk Google Alphabet, Waymo dan GM's Cruise. Apple juga tidak memiliki terobosan teknologi baterai dan sebaliknya akan terpaksa mengandalkan desain dan perangkat lunak berpemilik. Meski begitu, kedua faktor tersebut mungkin tidak cukup meskipun Apple memiliki jaringan distribusi yang luas dengan 500 toko untuk menjual kendaraan. Dealer terpisah tidak diperlukan dan pengiriman ke rumah kemungkinan besar terjadi.

Ellinghorst juga berpendapat bahwa Apple mungkin tidak sepenuhnya memahami bahwa berurusan dengan pelanggan iPhone akan sangat berbeda dengan pelanggan mobil. Pada akhirnya, Apple akan membawa mobil ke pasar hanya jika ia tahu itu sama sekali tidak seperti yang lain. Meski begitu, tidak ada jaminan kesuksesan. Ketakutan itulah yang diandalkan oleh para pembuat mobil saingan. [ibd/timBX]

Tags :

#
produsen mobil,
#
apple,
#
apple car,
#
mobil apple