MENU
icon label
image label
blacklogo

Porsche Ungkap Knalpot Baru Cayenne GTS Coupe

AUG 14, 2020@15:00 WIB | 294 Views

Porsche telah meluncurkan twin-branch exhaust system yang dikembangkan sendiri untuk Cayenne GTS Coupé, yang menampilkan dua pintu keluar oval di tengah dan menawarkan suara yang lebih nyaring.

Sistem pembuangan baru ini adalah gagasan Jörg Winkel (mantan kepala akustik Porsche yang sekarang sudah pensiun) yang mulai mengembangkannya empat tahun lalu, tetapi menyelesaikannya bukan tanpa tantangan.

Pengembangannya rumit, karena Porsche ingin nada knalpot terdengar sedih saat dinyalakan, di bawah beban berat dan pada kecepatan mesin yang lebih tinggi. Tetapi juga harus berpengalaman secara audio pada kecepatan engine rendah, sambil memenuhi persyaratan khusus negara tentang emisi kebisingan.

Menurut divisi akustik Porsche, New Exhaust System menghasilkan suara yang lebih berdenyut berkat struktur internal khusus peredam. Saluran buangnya dari dua banks silinder V8 dipisahkan untuk menghilangkan redaman yang tidak diinginkan, dan dialihkan ke peredam tengah hingga ke peredam belakang.

Sedangkan pimpinan tim mesin SUV Markus Sitzler mengatakan: saat flap buang ditutup, pada putaran rendah, aliran gas buang mengikuti bypass. “Intinya, ia bergerak sepanjang putaran tambahan melalui ruang peredam utama dengan bagian dalam berlubang sebelum kembali ke saluran utama dan kemudian dibuang ke luar,” imbuhnya.

Ini berarti soundtrack GTS baru lebih hening di bawah beban penuh, tetapi nada bas tetap tinggi. Untuk memaksimalkan pengalaman, para insinyur sengaja mengurangi jumlah isolasi di kompartemen penumpang belakang, yang menurut Porsche "meningkatkan" keseluruhan pengalaman suara tanpa berkompromi dengan kenyamanan.

“Seperti semua sistem pembuangan dari Porsche, suara pengembangan internal 100% asli sangat emosional dengan suara yang menggelegar. Kesederhanaan tata letak pipa serta penghematan material dan berat  ini adalah pendekatan yang pasti akan kami terus lakukan,” lanjut Sitzler.

Setelah debutnya di Cayenne GTS Coupé, new twin-branch sports exhaust system juga akan diperkenalkan untuk Cayenne Turbo Coupé dan Cayenne Turbo S E-Hybrid Coupé. [ibd/timBX]

Tags :

#
porsche,
#
cayenne gts coupe,
#
knalpot baru cayenne gts,
#
knalpot porsche