MENU
icon label
image label
blacklogo

Pengisian Robot Mochi Mampu Mengisi EV dalam Dua Jam

APR 30, 2021@20:00 WIB | 405 Views

Bukan mimpi indah semata, masa depan mobil listrik nyata semakin dekat. Sejumlah produsen mobil ternama dan terbesar kompak memproduksi mobil listrik. Bahkan perusahaan yang dulunya bergerak di bidang teknologi pun, merambah ke dunia industri mobil listrik.

Kemudian dengan begitu banyaknya EV baru yang akan memasuki pasar di tahun-tahun mendatang, pertanyaan muncul bagaimana para pengguna akan mengisi semua kendaraan tersebut. Lantaran masalah stasiun EV terus meningkat, perusahaan China menemukan solusi: robot yang masuk ke mobil dan mengisi dayanya, semua itu sambil ditenagai oleh green energy – meet Mochi.

Minggu lalu, Envision Group meluncurkan acara Net's Zero Day di Shanghai yang diklaimnya sebagai robot pengisi daya yang diproduksi secara massal pertama di dunia, yang ditenagai oleh 100 persen listrik ramah lingkungan.

Menurut mereka, mochi bisa dipasang di berbagai lokasi. Muncul dengan sensor posisi, yang membantu robot menemukan EV Anda dan mengisi dayanya, menghemat waktu dan kerumitan untuk menemukan stasiun pengisian daya.

Dikembangkan dalam kemitraan dengan dua perusahaan desain otomotif, IDEO dan GFG, Mochi dilengkapi dengan teknologi multi-sensor dan dapat mencapai akurasi navigasi tingkat sentimeter. Ia dapat mencapai kecepatan tertinggi 3,6 kpj (2,2 mph), dan hanya perlu 0,1 detik untuk berhenti dari kecepatan penuh jika menemui rintangan.

Didukung oleh baterai AESC Envision, ia memiliki kapasitas 70 kWh dan output daya 42 kW. Ini cocok untuk sebagian besar EV umum di pasar, mampu mengisi daya mobil dengan jarak jelajah sekitar 600 km (373 mil) hanya dalam dua jam, jika kita ingin mempercayai pembuatnya.

Mochi menggunakan sistem operasi cerdas EnOS. Selama pengisian, EnOS secara otomatis memantau baterai secara real-time dan melakukan diagnosis komprehensif untuk memastikan keamanannya.

Pengguna EV dapat berlangganan layanan Mochi melalui aplikasi seluler dan terhubung ke robot. Setelah menerima instruksi secara nirkabel, sistem AI akan menyiapkan rencana pengisian daya, menemukan EV, dan memulai proses pengisian daya secara mandiri.

Perusahaan mengumumkan bahwa perangkat baru tersebut akan tersedia secara komersial musim panas ini, dimulai dengan China. Kira-kira berapa harganya ya BlackPals? [asl/timBX]

Tags :

#
pengisian robot mochi,
#
stasiun ev,
#
pengisi daya mobil listrik,
#
mobil listrik