MENU
icon label
image label
blacklogo

Pasca Lokcdown Pameran Otomotif Pertama Digelar Bulan Juli

JUN 18, 2020@14:15 WIB | 133 Views

Pandemi corona membuat agenda pameran otomotif terbaksa batal digelar. Beberapa agenda pameran yang terpaksa dibatalkan yang diagendakan bulan Maret hingga Mei 2020 lalu. Juni ini, sejulam wilayah telah mulai menerapkan “New Normal” (istilah yang digunakan di Indonesia). Otomatis aktivitas masyarakat kembali berlangsung seperti sedia kala, termasuk event-event otomotif, sebut salah satunya Bangkok Internasoinal Motor Show (BIMS).

BIMS salah satu yang terpaksa membatalkan pameran yang sedianya direncanakan bulan Maret lalu. Akan tetapi demi mengurangi penyerabaran covid-19, pameran dibatalkan atau dipending hingga kasus positif Covid-19 menurut di Thailand secara umum.

Sebab sejak bulan lalu pemerintah Thaiand menyatakan angka kasus positif Covid-19 menurun, pihak penyelenggara BIMS memutuskan untuk menggelar pameran. Dilaporkan Autoindustriya bahwa, BIMS bakal digelar pada tanggal 15-26 Juli 2020. Agenda ini akan menjadi event otomotif pertama yang digelar setelah Covid-19 jika semua berjalan seperti yang direncanakan dan situasi pandemi terus menurun.

Pihak penyelenggara menekankan, pada pelaksanaan pameran nanti, protokol kesehata akan diterapkan secara ketat baik kepada peserta maupun pengunjung. Bahkan penyelanggara akan menyiapkan strategi keselamatan tambahan berdasarkan pedoman yang diberlakukan oleh pemerintah Thailand. Diantaranya adalah wajib menggunakan masker, pemeriksaan suhu tubuh di pintu masuk ruang pameran, dan penerapan social distancing.

Menurut panitia penyelenggara, penerapan social distancing bukan hal sulit diterapkan untuk BIMS, mengingat ruang pameran otomotif yang luas. Konsep keselamatan untuk pameran juga telah disusun oleh panitia, seperti jarak booth yang satu dengan yang lain diperpanjang dari 3 menjadi 6 meter. Konsep serupa juga diberlakukan di meja tamu atau pengunjung.

Kendati protokol kesehatan dan tambahan langkah-langkah keselamatan diterapkan, pengunjung pameran tetap boleh melakukan test drive mobil baru di area khusus, seperti pada BIMS tahun lalu. Tapi dengan syarat mengikuti arahan pihan penyelenggara, seperti cuci tangan dengan disinfektan dan cek suhu tubuh.

Panitia menyadari, pengunjung pameran pasca Covid-19 ini tidak akan sebanyak tahun lalu yang mencapai 1,6 juta pengunjung. Tetapi itu bukan masalah besar, sebab setidaknya penyelenggaraan BIMS bisa terjadi walaupun dalam setuasi pandemi. [asl/timBX]

Tags :

#
pameran otomotif,
#
new normal,
#
bangkok internasoinal motor show,
#
bims