MENU
icon label
image label
blacklogo

Pangeran Monako Naik Honda Clarity Fuel Cell Keliling Sirkuit Monako

MAY 31, 2017@15:00 WIB | 276 Views

Ini merupakan kesempatan yang langka bagi konsumen di Eropa bisa melihat langsung mobil ramah lingkungan Honda. Mobil berbahan bakar hidrogen yang diberi nama, Honda Clarity Fuel Cell  menggelilingi sirkuit Monaco.

Sirkuit Monaco sendiri merupakan rumah bagi beberapa hypercars paling kuat di dunia menunjukkan aksinya disini. Namun, Honda Clarity Fuel Cell sangat beruntung bisa berjalan mengelilingi sirkuit tersebut.

Ternyata ini merupakan suatu kehormatan yang diberikan oleh pangeran Albert dan Putri Charlene sebagai bentuk digelarnya Grand Prix Fromula 1 2017 di Monaco. Mereka mengendarai dan merasakan langsung mobil dengan bahan bakar hidrogen ini.

Mobil berbahan bakar hidrogen saat ini memang belum dijual di Eropa, namun Honda saat ini hanya melakukan demonstrasi terlebih dahulu sampai tahun 2022 mendatang untuk mengenalkan model futuristiknya. Sebagai bagian dari tes, Honda berencana akan mematok sebanyak 185 sedan di jalan yang merupakan pangsa pasar Honda Clarity Fuel Cell diantaranya Austria, Denmark, Jerman, Italia Swedia dan Inggris.

Honda Clarity Fuel Cell, diklaim dapat menempuh jarak 403 mil atau sekitar 650 kilometer yang sudah di uji coba oleh New European Driving Cycle. Namun menurut Environmental Protection Agency diperkirakan mobil ini dapat berjalan sejauh 366 mil atau 589 km dengan tangki penuh. Angka tersebut mengalahkan rivalnya yang juga memiliki kendaraan hidrogen yakni EPA Tesla Model S 100D yang di klaim hanya sekitar 335 mil atau sekitar 539 km dan Toyota Mirai hanya 312 atau sekitar 516 Km.

Tak hanya pangeran Monaco saja yang merasakan langsung, Senior Green Car Editor Motor1, Sebastian Blanco juga mendapatkan kesempatan untuk berada dibelakang kemudi Honda Clarity Fuel Cell. Ia mengatakan “mobil sangat berbeda sekali dengan mobil bertenaga listrik, dengan percepatan yang lebih smooth,”.

Honda Clarity Fuel Cell saat ini hanya tersedia di Amerika Serikat dan Jepang. Konsumen di Amerika Serikat dapat merasakan langsung dengan menyewa di dealer Honda di California dengan harga $ 369 per bulan. Penyewaan tersebut belum termasuk bagan bakar hidrogen.

Jika mencakup bahan bakarnya Honda mematok hingga $ 15.000 untuk pengisian bahan bakar hidrogen. Honda Honda Clarity Fuel Cell didukung mesin empat silinder berkapasitas 1,5 liter dan menyimpan baterai 17 kWh. [ddy/timBX]

Tags :

#
honda clarity fuel cell,
#
mobil bahan bakar hidrogen,
#
blackauto,
#
honda