MENU
icon label
image label
blacklogo

Nissan Buktikan Efisiensi Note e-Power

AUG 16, 2017@22:00 WIB | 202 Views

Terakhir kali PT. Nissan Motor Indonesia menerapkan teknologi mutakhir di line-up yang dijual di Tanah Air adalah Nissan X-Trail Hybrid. Namun kepiawaian mereka kembali diperlihatkan dalam Nissan Intelligent Mobility di GIIAS 2017. Termasuk kehadiran model Nissan pertama yang menggunakan inovasi drivetrain e-POWER, yakni Nissan Note e-POWER.

Sistem penggerak listrik e-POWER, yang baru dan inovatif ini menjadi tonggak penting dalam strategi elektrifikasi di bawah arahan visi Nissan Intelligent Mobility (NIM) yang berfokus pada Intelligent Driving, atau bagaimana kendaraan masa depan ditenagai. Sama dengan LEAF, sistem Nissan e-POWER menggerakkan roda kendaraan menggunakan motor listrik yang juga didukung oleh baterai lithium-ion on-board. Namun, tidak seperti kendaraan listrik biasa, teknologi Nissan e-POWER tidak membutuhkan charger eksternal, melainkan menggunakan mesin bensin berukuran kecil untuk mengisi daya baterai ketika mobil sedang dikendarai.

Dalam sistem hybrid konvensional, motor listrik dengan output rendah digabungkan dengan mesin bensin untuk menggerakkan roda saat kondisi baterai sedang lemah (atau saat bepergian dengan kecepatan tinggi). Namun, dalam sistem e-POWER, mesin bertenaga bensin tidak terhubung ke roda; hanya untuk mengisi baterai saja.

“Sistemnya beroperasi dengan sangat tenang, seperti kendaraan listrik sepenuhnya. Karena e-POWER tidak terlalu bergantung pada mesin, maka efisiensi bahan bakarnya sebanding dengan hybrid konvensional, terutama saat berkendara keliling kota,” kata Masayuki Ohsugi, General Manager R & D Nissan Motor Indonesia.

Teknologi e-POWER Sistem Nissan e-POWER dilengkapi dengan komponen utama sebagai berikut: compact Lithium-ion battery, generator listrik, inverter, motor listrik dengan output tinggi, dan mesin bensin kecil yang efisien. Sistem Nissan e-POWER 100% menggunakan penggerak motor listrik, yang berarti bahwa roda hanya digerakkan oleh motor listrik.

Kekuatan dari compact Lithium-ion baterry dikirim ke motor listrik output tinggi dari e-POWER dengan mesin bensin kecil mobil yang digunakan saat dibutuhkan untuk membantu mengisi daya ulang baterai. Pengoperasiannya otomatis, menyala dan mati sesuai kebutuhan, dan tidak terhubung dengan roda mobil.

Manfaat e-POWER e-POWER menghasilkan torsi yang sangat besar secara instan, yang kemudian meningkatkan kualitas respon dalam mengemudi dan menghasilkan akselerasi yang mulus. Note e-POWER sendiri telah menjadi mobil terlaris di Jepang, yang menunjukkan popularitas dari sistem penggerak motor listrik yang inovatif. [bil/timBX]

Tags :

#
nissan,
#
blackauto,
#
autonews