MENU
icon label
image label
blacklogo

Nissan Ariya Vs Tesla Model Y: Pertempuran Dua Crossover Listrik

JUL 20, 2020@12:00 WIB | 234 Views

Bagaimana Nissan Ariya yang baru dibandingkan dengan Tesla Model Y?

Nissan saat ini sedang dalam proses kebangkitan, yang akan mencakup pengenalan sejumlah model baru mulai dari kendaraan listrik hingga mobil sport. Penambahan terbaru untuk portofolio perusahaan adalah Nissan Ariya , All electric crossover yang menunjukkan arah desain baru yang berani untuk merek. Berdasarkan spesifikasi target, model baru ini ditargetkan menjadi competitor terdekat dengan Tesla Model Y .

Keduanya mungkin bukan pesaing langsung tetapi inilah cara New Ariya berhadapan dengan crossover Tesla yang terkecil dan dengan harga paling terjangkau.

Styling Eksterior

Jika Ariya dimaksudkan untuk menunjukkan arah desain masa depan Nissan, maka dari warna cukup menarik. Nissan mengatakan platform listrik Ariya membebaskan para desainer untuk bekerja dengan jalur dan proporsi baru. Mobil konsep seringkali menjadi membosankan ketika mereka mencapai produksi tetapi Nissan mampu mempertahankan hampir semua elemen gaya keren seperti lencana lampu, LED headlight yang panjang, garis atap seperti coupe, dan lampu belakang LED yang menghubungkan bar.

Sebagai perbandingan, Tesla mengambil Model 3 dan mendongkraknya beberapa inci tanpa mengubah banyak hal lain. Hasilnya seperti sedan di atas panggung daripada crossover nyata.

Desain interior

Seperti eksterior, desainer Nissan Ariya termasuk beringas. Dengan tidak adanya mesin di depan, para insinyur Nissan dapat mengisi sistem kontrol iklim di sana untuk membebaskan ruang berharga di kabin. Ini berarti Ariya memiliki lantai yang hampir datar, memberikan lebih banyak ruang bagi penghuninya. Desainnya terlihat futuristik dengan kontrol kapasitif dan dua layar besar 12,3 inci di depan pengemudi.

Dalam Model Y, Tesla melakukan pekerjaan penjiplakan dari Model 3, pada dasarnya menyalin interior yang sama persis. Kabin Tesla minimalis, menampilkan layar sentuh tunggal untuk mengontrol semua fungsi mobil. Ini mungkin tidak terlihat futuristik seperti Ariya tetapi desain yang bersih menarik untuk dilihat. 

Rentang Performa & Baterai

Nissan belum mengumumkan dan belum mengkonfirmasi jarak tempuh dari Ariya, yang diprediksi sekitar 300 mil (sekitar 483 km) dengan baterai yang lebih besar untuk model front wheel drive ini. Dengan FWD, Ariya akan menghasilkan 214 tenaga kuda dan torsi 221 lb-ft. Dan model dengan sistem all-wheel-drive New Nissan e-4ORCE  akan menghasilkan tenaga 388 hp dan torsi 443 lb-ft.

Tesla telah mengalahkan Nissan dengan rentang 316 mil (sekitar 508,5 km) pada Long Range Dual Motor Model Y dan 291 mil (sekitar 352 km) untuk Performance Model, yang keduanya termasuk AWD sebagai standar. Long Range Model Y yang biasa menghasilkan 384 hp dan 375 lb-ft, membuatnya sangat dekat dengan power kuat  Ariya. Performance Model jauh lebih kuat dengan 450 hp dan 471 lb-ft, menghasilkan waktu 0-60 mph (0-100 km/jam) hanya 3,5 detik.

Kepraktisan

Ariya mengendarai wheelbase 109,3 inci dan panjang keseluruhan 182,9 inci. Nissan menempatkan prioritas tinggi pada volume interior, memberikan ruang penyimpanan Ariya hingga 16,5 kaki kubik (dengan FWD) di belakang baris kedua atau 14,6 kaki kubik dengan e-FORCE. Angka kapasitas kargo berperingkat-SAE untuk Model Y sulit didapat, tetapi dengan baris kedua dilipat, ia menawarkan penyimpanan hingga 68 kaki kubik.

Harga

Harga untuk Nissan Ariya akan mulai dari $ 40.000 (sekitar Rp594 juta) menempatkannya jauh di bawah Model Y. Tesla baru-baru ini menjatuhkan model Standard Range , yang berarti Long Range Dual Motor adalah yang paling murah dengan harga $ 49.990 (sekitar Rp740 juta). [ibd/timBX]

Tags :

#
crossover listrik,
#
nissan ariya,
#
nissan,
#
tesla model y,
#
tesla