MENU
icon label
image label
blacklogo

NIO EP9 ini Semburkan Power 1342 Hp dan Samai Rekor Lap F1

MAR 01, 2017@07:00 WIB | 248 Views

NIO EP9 mencatatkan waktu tercepat sebagai electric vehicle tercepat di sirkuit Austin, Texas saat ujicoba padaa 23 Februari lalu.  Ada dua sesi tes, pertama mobil diujicobakan secara autonomous dengan catatan waktunya menyamai catatan mobil sekelas Formula One (F1) dengan 2 menit 40,33 detik, dengan kecepatan tertinggi 257 kph di sepanjang trek lurus. 

Tak puas dengan pola pertama, tes kedua menggunakan driver professional, dengan catatan lap terbaik 2 menit, 11,30 detik dengan kecepatan 273 kph.  Sebelumnya, NIO EP9 telah menetapkan rekor lap sebagai mobil listrik di sirkuit Nurburgring dengan 7 menit, 05,120 detik.

Catatan waktu Nurburgring tersebut dinobatkan sebagai mobil listrik tercepat yang pernah di test di sirkuit tersebut. Lantas, apa yang mengesankan dibalik supercar electric EP9 ini. Dilihat dari powertrain, menggunakan high performance inboard motor dan empat individual gearbox yang mampu melimpahkan tenaga 1342 hp yang ekuivalen dengan 1 megawatt power.

Catatan mengesankan lainnya, untuk mencapai kecepatan 200 kph dari posisi diam butuh 7,1 detik, kecepatan maksimum 313 kph. System baterei EP9 telah mengadopsi interchangeable battery system, dengan pengisian cepat 45 menit.

EP9 didesain untuk trek harian dan menungkinkan mengganti baterai seketika. Dilengkapi dengan passive cooling system yang bekerja memaksikan suhu optimum yang dipertahankan untuk kinerja puncak. Kapasitas electric powertrain EP9 sebesar 777 volt.

Padmasree Warrior, Chief Executive NIO, menyampaikan histori NIO EP9 yang dikembangkan di Silicon Valley. “NIO berusaha meningkatkan tingkat di industry otomotif secara keseluruhan. Bukti keseriusan Kami, rekor yang dipecahkan NIO EP9 menunjukkan teknologi yang mumpuni untuk menjadi leader di pasar global. Tim NIO memadukan bakat otomotif, domain software, yang membantu pencapaian luar biasa. Puncaknya, Kami ciptakan autonomous dengan pengalaman yang luar biasa,” jelas Warrior.

NIO secara resmi belum mengumumkan kapan pengiriman pelanggan pertama dari EP9 akan dimulai. Namun dalam waktu dekat akan diperkenalkan pada 10-12 Maret di SXSW 2017 di Copper Tank Events Center di Austin, Texas.[Ahs/TimBx]

Tags :

#
nio ep9,
#
supercar,
#
blackauto,
#
auto news