MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Vinales Raih Kemenangan Sensasional di Qatar

MAR 27, 2017@14:00 WIB | 288 Views

Pebalap anyar Movistar Yamaha, Maverick Vinales, merebut kemenangan sensasional dalam debutnya bersama Yamaha di seri pembuka MotoGP Qatar Senin (27/3) dini hari. Ia berhasil memenangkan balapan walaupun sirkuit diguyur hujan sebelum pertandingan dimulai.

Meskipun mengalami penundaan start sebanyak dua kali, seri pembukaan MotoGP Qatar akhirnya digelar. Balapan yang sedianya dimulai pukul 01.00 WIB mundur menjadi pukul 01.45 WIB. Balapan yang dipangkas menjadi 20 lap berjalan begitu menarik.

Selepas start , Andrea Iannone dan Johann Zarco melesat ke depan. Tak lama Rookie Yamaha Tech 3 ini menyalip Iannone dan merebut posisi pertama. Memasuki lap 2, Zarco mulai memperpanjang keunggulan atas para rivalnya, terutama juara dunia bertahan, Marc Marquez yang menyalip Iannone untuk posisi kedua.

Sebaliknya, Vinales yang start dari pole position berada di posisi kelima dan Valentino Rossi di posisi ketujuh. Zarco terus memimpin jalannya balapan hingga Lap 6. Pembalap Perancis itu bahkan telah unggul 1,658 detik di depan Marquez dan Andrea Dovizioso, yang menyalip Iannone untuk posisi ketiga pada dua lap sebelumnya. Drama terjadi ketika memasuki lap 7, Zarco crash di tikungan 2.

Dovizioso lalu menjadi pimpinan balapan, diikuti Marquez, Iannone, Vinales dan Rossi. Duel di antara para pembalap pun mulai tersaji. Dimulai dari Marquez dan Iannone yang bertarung memperebutkan posisi kedua pada lap 8.

Namun, seolah mengulangi musim lalu di sirkuit yang sama, Iannone terjatuh pada Lap 11, saat berjuang dan melawan Marquez untuk memperebutkan podium. Dengan jatuhnya Iannone, Vinales pun naik ke posisi ketiga, di belakang Marquez.

Kemudian Lap 12,  Vinales menyalip Marquez dan naik ke posisi kedua. Aksi Vinales lalu diikuti Rossi yang menyalip Marquez untuk posisi ketiga, tepatnya jelang lap 13.

Lap 14 menjadi awal dari pertarungan Dovi versus Vinales. Namun dengan kesabaran dan ketangguhan pebalap asal Spanyol ini Vinales pun memimpin balapan. [ddy/timBX]

Tags :

#
motogp,
#
vinales,
#
qatar,
#
blackauto