MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Bos Aprilia Akui Perjuangan Masih Panjang Untuk Bersaing di Papan Atas

JAN 03, 2022@10:00 WIB | 191 Views

CEO Aprilia, Massimo Rivola, mengakui tim MotoGP-nya masih memiliki jalan panjang untuk menutup defisitnya dari para unggulan, meskipun mencetak podium pada 2021.

Marque Italia tersebut membuat langkah besar di MotoGP pada tahun 2021, setelah menjadi salah satu dari hanya dua pabrikan yang diizinkan untuk membangun motor baru di tengah pembekuan pengembangan yang diberlakukan karena Covid-19. Aleix Espargaro akhirnya finish di posisi delapan besar secara konsisten dan mencetak podium pertama Aprilia di era MotoGP modern ketika ia berada di urutan ketiga di GP Inggris.

Rider asal Spanyol itu kemudian menyelesaikan tahun kedelapan di klasemen dengan koleksi 120 poin. “Ya, adalah musim yang bagus dibandingkan dengan masa lal,” kata Massimo Rivola tentang musim 2021.

“Kami sangat ingin bertarung untuk 2022. Pertama-tama, kami akan menjadi tim pabrikan di kejuaraan, tetapi jika kami melihat kemajuan kami dalam tiga tahun terakhir, semoga 2022 dapat mempertahankan perkembangan itu dan kami akan menutup celah dengan para unggulan. Tapi tetap saja kami tertinggal, jadi jalan masih panjang."

Di balik layar, musim 2021 tidak stabil bagi Aprilia, yang salah satunya kabar mengenai kematian Fausto Gresini pada bulan Februari. Sebelum itu, Aprilia hanya memiliki sedikit pilihan untuk mengisi kursi kedua ketika Andrea Iannone terkena larangan doping empat tahun. Lorenzo Savadori diberi kesempatan, sebelum digantikan mulai GP Aragon oleh Maverick Vinales setelah hengkang dari Yamaha.

Vinales melakukan yang terbaik untuk finish kedelapan di GP Emilia Romagna, tetapi hanya mencetak poin dua kali dalam enam balapan terakhir saat mencoba beradaptasi dengan RS-GP. Bagaimanapun, Rivola yakin bahwa Aprilia akan mampu mengeluarkan yang terbaik di tahun 2022.

“Pendekatan yang kami lakukan dengan Maverick adalah melakukan balapan sebagai uji coba, jadi mencoba berbagai bagian dan konfigurasi pengaturan untuk memahami apa yang lebih baik untuknya,” tambahnya. “Ini pasti mengorbankan hasil balapan itu sendiri, dan juga tentang kepercayaan diri. Tapi saya yakin kami memiliki kualitas penting dalam diri Maverick dan bisa mendapatkan sesuatu.” [dhe/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
motogp,
#
motogp 2022,
#
aprilia