MENU
icon label
image label
blacklogo

Mobil Konsep Tahun 70an Tergila yang Bikin Geleng-geleng Kepala (Part 2)

JUL 08, 2020@13:30 WIB | 426 Views

Beberapa mobil konsep tahun 70-an dengan desain radikal yang bisa bikin kita kepala telah terurarikan pada artikel terdahulu. Mobil konsep yang mengedepankan nilai futurisme dan model yang melampaui zamannya. Kelima mobil konsep tersebut antara lain Mercedes Benz C111 II D 1976, Ferrari 512S Modulo Concept, Ferrari Studio CR25 1974, BMW Turbo, dan Chevrolet Aerovette 1977.

Berikut ini merupakan 5 mobil konsep yang tidak kalah uniknya dengan kelima mobil konsep dalam penguraian terdahulu.

5. Ford Coins 1974

Ford pernah memiliki mobil konsep “celebratory car” bernama Coins yang dibangun tahun 1974. Mobil konsep ini dibangun dalam rangka merayakan kepemilikan perusahaan terhadap produsen mobil dan desain terenal, Carrozzeria Ghia. Mobil konsep satu ini begitu unik. Memiliki tiga kursi dan kursi tengah untuk pengemudi. Menjadi tambah unik dan radikal, pengemudi untuk bisa duduk kursi kemudi harus masuk dari bagian belakang. Apa tidak ribet ya Blackpals?

4. Nissan 126x Concept

Nissan 126x Concept hadir sebagai mobil konsep dengan penampakannya yang aneh. Dari bagian depan mobil nampak seperti ritsleting menggaris lurus dari hidung mobil mencapai kaca depan (windshield). Ternyata, yang dari jauh nampak mirip ritsleting merupakan lampu (merah, hijau, dan kuning). Lampu yang ketika dinyalakan terlihat seperti tergantung. Lampu 3 warna ini menyala bergiliran ketika mobil melaju dalam kecepatan konstan, pengereman, atau menambah kecepatan.

Mobil konsep ini sempat dimaperkan di Tokyo Motorshow 1970 sebelum akhirnya disimpan sebagai memoar untuk para penggemar yang ingin melihatnya secara langsung.

Baca: Mobil Konsep Tahun 70an Tergila yang Bikin Geleng-geleng Kepala (Part 1)

3. Panther 6 Six 1977

Mobil konsep Panther 6 Six ini satu-satunya dari 10 mobil konsep dalam daftar ini yang memili enam roda: empat di depan dan dua di belakang seperti nampak pada gambar. Sayang, mobil konsep ini belum pernah berhasil masuk produksi. Itulah kenapa mobil konsep satu ini jadi mudah untuk diingat oleh penggemar. Soal roda mobil konsep ini yang terbilang aneh ini dimaksudkan untuk membuat mobil memiliki tenaga lebih atau cengkeraman lebih baik di medan jalan kurang baik atau cuaca buruk. Panther 6 Six sudah memiliki rekor 200mph per jam.

2. Ford Probe I

Seperti halnya seperti banyak mobil konsep yang muncul tahun 1970-an, Ford Probe I lebih dari sekedar ide. Mobil ini diteganagi mesin 2.3L mirip dengan yang digunakan pada Mustang modern. Kendati Ford Probe I kemungkinan tidak akan memenangkan kontes desain mobil apa pun, tapi Ford Probe I ini memiliki beberapa sisi positif tersendiri. Misalnya, jika Corvette Stingray 2014 memiliki koefisien drag 0,28, Probe I hanya memiliki 0,22.

1. Vauxhall SRV Concept

Saat Vauxhall memberi Wayne Cherry kesempatan merancang kendaraan berikutnya, dunia tidak tahu itu akan terlihat aneh. SRV memiliki tudung duckbill yang aneh, empat pintu, empat kursi, dan diakui sebagai sportscar. Meski harusnya didukung mesin 2,3L dengan diinjeksi bahan bakar, itu tak pernah terjadi. Alih-alih, ada mesin tiruan yang terbuat dari kayu, fiberglass, dan aluminium sebagai gantinya—SRV hanya sebatas simulasi sebuah desain. Kemudian, setelah memulai debutnya tahun 1970, SRV kini ditampilkan di Vauxhall Heritage Centre. [asl/timBX]

Tags :

#
mobil konsep,
#
mobil konsep terunik,
#
mobil konsep 1970,
#
concept car,
#
ford coins