MENU
icon label
image label
blacklogo

Mobil Konsep Alfa Romeo Laku Rp216 Miliar

NOV 05, 2020@10:09 WIB | 310 Views

Awal tahun ini, Alfa Romeo merayakan hari jadinya yang ke-110. Ini adalah kesempatan untuk melihat kembali produsen mobil Italia yang telah menghadirkan beberapa kendaraan paling cantik di jalan. Tapi di tahun 1950-an, trio mobil konsep Alfa Romeo semakin memukau di tiga Turin Auto Saloon berturut-turut. Dikenal sebagai mobil konsep Alfa Romeo Berlina Aerodinamica Tecnica (BAT), mereka diproduksi oleh Bertone dan secara sederhana disebut BAT 5, 7, dan 9d.

RM Sotheby baru saja melaporkan bahwa trio dramatis tersebut telah laku dengan jumlah harga $ 14.840.000 (sekitar Rp216,1 miliar). Dengan harga itu, ketiganya telah mencetak rekor termahal pasca-perang Alfa Romeo yang terjual di lelang dalam satu lot. Dengan kata lain, ini setara dengan gabungan biaya dari hampir 200 model Alfa Romeo Giulia Quadrifoglio . Penjualan berlangsung di Lelang Malam Seni Kontemporer Sotheby yang diadakan di New York beberapa hari yang lalu.

Bahkan beberapa dekade kemudian, ketiga mobil tersebut menjadi tontonan visual yang benar-benar luar biasa, baik secara individu maupun sebagai kelompok. Semua BAT dirancang seefisien mungkin secara aerodinamis, dengan BAT 5 (difoto dengan warna abu-abu) datang pertama kali pada tahun 1953. Roda yang tertutup ditujukan untuk mengurangi gangguan aliran udara pada kecepatan. Berikutnya adalah BAT 7 (diperlihatkan dengan warna biru), terungkap pada tahun 1954 dengan sirip ekor melengkung yang khas, sedangkan koefisien hambatan turun menjadi hanya 0,19.

BAT 9d (perak) terungkap pada tahun 1955 dan lebih mirip dengan Alfas lain pada masa itu, sementara sirip ekornya lebih kecil. Juga menampilkan gril Alfa berbentuk V yang masih digunakan pada model modern dari Italia. Ini adalah kedua kalinya RM Sotheby menjual mobil yang merupakan bagian dari penjualan seni Sotheby, menyusul penjualan Ferrari F2001 2001 pemenang Grand Prix Michael Schumacher di malam seni Sotheby pada tahun 2017 lalu.[prm/ibd/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
alfa romeo,
#
mobil konsep