MENU
icon label
image label
blacklogo

Mitsubishi Jajal Tol Transjawa dengan Xpander

DEC 30, 2018@09:00 WIB | 487 Views

Jalur tol Trans Jawa baru saja diresmikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis, (20/12). Saat peresmian, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) juga berkesempatan mengawal rombongan Presiden Jokowi menjajal ruas tol baru dari Surabaya hingga Semarang.

MMKSI menyediakan lima unit kendaraannya yang terdiri dari tiga unit Mitsubishi Xpander ditambah dua unit Pajero Sport untuk mengawal rombongan Presiden Jokowi dalam menjajal tol Trans Jawa. Presiden Jokowi sendiri menggunakan bis bersama rombongannya untuk sekaligus menguji jalan tol yang menyambungkan jalur Merak sampai Pasuruan ini.

Rombongan MMKSI bersama dengan perwakilan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dengan beberapa APM lainnya dan juga rombongan Ekspedisi Tol Trans Jawa BUMN. Perjalanan dimulai dari Surabaya, tepatnya dari Proyek Lagoon PT PP.

"Kami bersama Gaikindo diberikan kesempatan untuk mencoba Tol Trans Jawa yang diadakan bersama Rombongan Presiden RI dengan 5 unit kendaraan Mitsubishi Xpander dan Pajero Sport sekaligus menjajal rute mulai dari surabaya dan berakhir di Jembatan Kalikuto, Kendal (Jawa Tengah)," ujar Jerry Amran - Head of Media Relations Section PT MMKSI.

Jerry menambahkan bahwa pihak MMKSI juga menyambut baik upaya pemerintah dalam upaya mendoromg ekomoni dan industri dalam Tol Trans Jawa ini yang akan terhubung mulai dari Merak hingga Surabaya.

Perjalanan dimulai pada jam 08.00 WIB, tujuan pertama adalah Simpang Susun Bandar yang berada di KM 671+700 Tol Jombang Mojokerto. Arah yang dituju adalah tol Waru arah Sidoarjo Mojokerto. Ini adalah titik pertemuan pertama di mana Presiden Jokowi meresmikan tol area Jawa Timur di Simpang Susun Bandar. Tepatnya di Jembatan Konto, Jombang. Kondisi tol Jombang Mojokerto yang baru dibuka ini bisa dikatakan cukup mulus, tidak banyak jalan yang bergelombang. Rambu-rambu pun sudah tersedia meski masih minim penerangan jalan.

Selesai peresmian di area Jawa Timur, Presiden Jokowi pun melanjutkan perjalanan menuju Semarang. Ruas tol yang dijajal adalah Kertosono- Wilangan- Solo hingga Semarang. Dengan dua kali perhentian di rest area, salah satunya KM 597 B. Kendaraan pun dapat mengisi ulang bahan bakar, karena Pertamina sudah menyiapkan Satgas BBM berupa layanan pompa bergerak. Di sini tersedia bahan bakar Pertamax serta di beberapa tempat tersedia PertaDex.

Perjalanan dilanjutkan dengan menempuh ruas tol Semarang Solo melalui ruas tol baru Salatiga Kertosono. Jalan tol ini masih menyisakan debu dan kerikil yang cukup banyak, jadi pengendara diharap waspada.

Setelah menempuh kurang lebih 300 km dari Surabaya, rombongan tiba di titik terakhir peresmian tol Trans Jawa yakni jembatan Kali Kuto, Kendal, Jawa Tengah. Sekitar jam 15.00 WIB kami tiba di jembatan ini yang menjadi saksi sudah tersambungnya tol Trans Jawa terutama di wilayah Jawa Tengah.

Tambahan informasi, ketujuh ruas tol yang baru diresmikan adalah Tol Pemalang-Batang Seksi 1 dan 2 (Simpang Susun Pemalang-Batang), Batang-Semarang Seksi 1 sampai 5, dan Semarang-Solo Seksi 4 dan 5 (Salatiga-Kartasura). Selanjutnya, Tol Ngawi-Kertosono Segmen Wilangan-Kertosono, Kertosono-Mojokerto Seksi 4 (Bandar-Kertosono), Porong-Gempol Segmen Porong-Kejapanan, dan Gempol-Pasuruan Seksi 3 (Pasuruan-Grati).

Selama libur tahun baru 2019 ini, tujuh ruas tol baru di Jawa Timur dan Jawa Tengah ini masih berstatus fungsional sehingga tidak akan dikenakan tarif alias gratis. Pihak Jasa Marga baru akan memberlakukan tarif normal pada saat menjelang libur Lebarang tahun 2019 mendatang.[prm/timBX]
 

Tags :

#
autonews,
#
mitsubishi,
#
xpander,
#
jajal tol trans jawa,
#
tol