MENU
icon label
image label
blacklogo

Max Minimalism: Konsep e-Bike Baru Walt Siegel

MAR 23, 2021@17:00 WIB | 437 Views

Dunia sepeda motor listrik, dalam banyak hal, masih menemukan pijakannya. Dengan sepeda motor listrik full-blown di satu ujung spektrum dan pedal-assist sepeda di ujung lain, ada jalan tengah yang sangat luas di mana imajinasi bisa menjadi liar. Dan di situlah Walt Siegl bermain dengan pola terbarunya.

Dirancang sepenuhnya dari bawah ke atas, kreasi WSM (Walt Siegel Motorcycles) baru ini sangat sulit untuk diabaikan — dan itulah yang diinginkan Walt. “Saya ingin membuat alat berat yang sepertinya berasal dari dunia roda dua yang lebih besar, dan tidak hanya dunia sepeda motor. Dari sepeda lintasan dan moped, serta performa sepeda motor.” Katanya siperti dilansir bikeexif.

“Karena platform desain saya adalah kombinasi dari semua dunia ini, sepeda ini dapat dengan mudah menjadi platform untuk sepeda pengayuh pedal, moped, atau untuk sepeda motor performa listrik. Teknologi sepeda listrik cocok untuk keserbagunaan ini,” imbuhnya.

"Saya menginginkan desain yang tajam dan bersih, dan tampilan konsep sepeda, sambil tetap menunjukkan hasil karya saya dan kecintaan yang mendasari pembuatannya," ungkap dia lebih lanjut.

Ini bukan pertama kalinya Walt bekerja dengan powertrain listrik — PACT bertenaga Alta miliknya adalah salah satu kendaraan roda dua bertenaga baterai paling memikat yang pernah kami lihat. Tapi itu adalah 'sepeda motor', dan Walt ingin melakukan sesuatu yang tidak terduga kali ini. Kreativitas adalah yang terpenting, karena proyek tersebut ditugaskan oleh Haas Moto Museum di Dallas, Texas.

“Ketika kami membahas proyek tersebut,” kata Walt, “Bobby Haas, pendiri museum, dan direktur Stacey Mayfield sangat mendukung minat saya untuk membuat sepeda motor listrik lain. Bobby adalah pelindung hebat dari pembuat sepeda kustom (dia punya tiga milik saya), dan juga terus memperoleh setiap sepeda motor yang benar-benar relevan dalam sejarah transportasi roda dua. Museum ini wajib dikunjungi. ”

Walt ingin membuat sasis yang paling ringan dan sekuat mungkin, jadi dia memilih desain monocoque dengan sedikit tambahan bodywork. Desainnya dibuat sketsa terlebih dahulu, kemudian bingkai dibuat dari kawat las, dan ditutup dengan kertas untuk mengasah desain akhir.

Selanjutnya, Walt merancang jig untuk membuat kerangka dari pipa chromoly berdinding tipis dan berdiameter kecil. Penguatan baja dilas ke leher kemudi dan titik poros suspensi belakang, dan sisipan aluminium ditambahkan sebagai titik pemasangan. Kemudian semuanya dibungkus dengan serat karbon, dan diakhiri dengan resin.

Bagian atas adalah jok Alcantara, dirancang di atas lembaran tipis poliuretan di atas dudukan jok serat karbon. Tepat di belakangnya ada 'loop' mini tail yang awalnya dimaksudkan sebagai pegangan untuk menggerakkan sepeda, tetapi akhirnya menjadi fitur desain. Konsep tersebut bergema lebih jauh ke depan, di mana potongan di sasis menyediakan akses ke tampilan kapasitas digital baterai.

Satu-satunya 'bodywork' lainnya adalah sepasang penutup baterai, dilas dari bentuk aluminium tipis, dan dipasang dengan pengencang seperempat putaran.

“Gestalt sepeda ditentukan oleh kurangnya bodywork,” kata Walt, “yang penting bagi saya. Ini adalah win-win, karena tidak ada bodywork yang diperlukan untuk menentukan bentuknya, dan ini menghemat berat. Saat saya menimbang sepeda sebelum mengecat, beratnya hanya 45 kg. ”

Inti dari speedster ramping WSM adalah motor Sur-Ron 3000W, yang dipasok oleh perusahaan e-bike Luna Cycle. Ini terhubung ke baterai Panasonic 65 volt, dan dikendalikan oleh pengontrol gelombang sinus yang diprogram WSM. Rangkaian kabel dibuat khusus dan menggunakan suku cadang Luna Cycle, dan pengurangan gear serta sistem penggerak akhir digerakkan oleh sabuk.

Di depan adalah satu set garpu DNM yang diperpendek dengan internal yang ditingkatkan, ditahan oleh kuk WSM. Ada shock belakang DNM, dan linkage, swingarm, dan set rem cakram semuanya adalah bagian Sur-Ron. WSM mengemas swingarm dengan aluminium, dan memasang sepasang roda Segway 19 ”, dengan cakram aluminium di bagian belakang.

Di kokpit, Anda akan menemukan klem clip-on LSL dengan bar dan ujung bar custom, kontrol Sur-Ron, dan speedo Segway. Tanpa kopling atau gear shifter, semua yang terjadi di bagian bawah merupakan satu set foot pegs yang rapi — dan penutup kecil untuk melindungi kabel motor. Dan itu dia; sangat sedikit hal lain di mesin yang menarik ini untuk mengalihkan perhatian.

Walt ditanya apakah berniat untuk merancang lebih banyak dari ini. Tapi dia menjawab bahwa karena itu untuk bagian sepeda custom museum, itu akan tetap menjadi satu kali — dan lebih disayangkan.

Setidaknya dia tidak membuang semua ide ini ke luar jendela… “Proyek e-bike saya berikutnya pasti memiliki beberapa elemen dari motor ini. Keserbagunaan platform adalah hal yang saya minati." [mhd/asl/timBX]

Tags :

#
walt siegel,
#
motor listrik,
#
e-bike,
#
walt siegel motorcycles