MENU
icon label
image label
blacklogo

M8 GTE, Amunisi BMW di Ajang Balap GT

SEP 16, 2017@15:00 WIB | 492 Views

BMW Motorsport mempresentasikan model top-of-the-range barunya untuk arena balap GT internasional di ajang 2017 International Motor Show (IAA) di Frankfurt, yakni M8 GTE. Sebelum BMW 8-Series Coupé mulai dijual, mobil balap tersebut akan berlaga di jalur musim depan, termasuk di FIA World Endurance Championship (FIA WEC). Dengan seri inilah BMW Motorsport juga akan kembali ke ajang balap 24 Jam Le Mans (FRA). Dengan demikian, BMW M8 GTE akan membuktikan sekali lagi pengalaman teknologi inovatif dan mutakhir mereka yang sudah teruji.

Di IAA, mobil baru ini dipamerkan dengan warna ikonik BMW M Motorsport, yang dirancang khusus untuk pameran ini, memberikan kesan visual tentang hal-hal yang akan datang yang mereka ciptakan pada tahun 2018. Yang pasti akan mencerminkan hubungan yang erat antara pengembangan kendaraan produksi dan motorsport, dan sekali lagi menggarisbawahi bagaimana BMW Motorsport dan BMW M memang satu sinergi. .

Mobil balap ini bakal mengadopsi mesin V8 dengan BMW TwinPower Turbo Technology, yang kapasitasnya dibatasi jadi hanya sebesar 4.0 liter. Namun biar begitu, dia mampu memuntahkan 500 hp, tergantung pada klasifikasi. Blok silinder dan kepala silinder diambil dari mesin versi produksi dan dibuat oleh pabrik BMW Group di Landshut (Jerman). Fokus pengembangan di sektor ini adalah mencapai efisiensi dan daya tahan maksimal. Basis mesin produksi yang kuat sudah memberikan dasar yang sempurna. Sebagai penyalur daya ke roda belakang BMW M8 GTE, dipercayakan transmisi balap enam percepatan.

Para teknisi balap dan produksi bekerja sama erat dalam proyek BMW M8 GTE. Misalnya, desain ringan yang konsisten juga memainkan peran penting dalam pengembangan mobil sport GT baru. Pengurangan berat yang signifikan dicapai melalui penggunaan komponen CFRP ultra ringan yang ekstensif. Dengan panjang 4.980 mm dan lebar 2.046 mm, mobil ini memiliki berat hanya 1.220 kilogram. Desain BMW M8 GTE juga mencerminkan hubungan erat BMW 8-Series dan BMW M8. Hal ini terutama terlihat pada garis atap yang sama dan disain lampu depan dan belakang.

Pertama kali sebuah mobil BMW berpartisipasi pada ajang balap 24 Hours of Le Mans adalah pada tahun 1939 dulu, saat sebuah BMW 328 meraih sebuah kemenangan setelah membalap 236 lap. Setelah tahun 1972, mobil BMW secara teratur mengikuti ajang balap kelas ketahanan. [bil/timBX]

Tags :

#
blackauto