MENU
icon label
image label
blacklogo

Lucid Motors Umbar Kemampuan Sedan Terbarunya Mampu Ungguli Tesla

SEP 03, 2020@16:30 WIB | 383 Views

Lucid Motors telah membuat banyak klaim menggemparkan menjelang peluncuran sedan listrik pertamanya pada tanggal 9 September, Lucid Air: jangkauan terjauh, pengisian daya tercepat, baterai terbesar.

Tapi hari ini, perusahaan yang berbasis di Newark (California) itu benar-benar menjadi sorotan dengan klaimnya telah membangun salah satu mobil tercepat yang pernah dibuat.

Seberapa cepat? Lucid Air dapat melaju dari 0 hingga 60 mph dalam 2,5 detik dan akan memiliki kecepatan tertinggi 200 mph. Namun berkat 1.080 tenaga kuda Lucid, konfigurasi motor ganda, perusahaan sekarang mengklaim Air dapat berlari seperempat mil dalam 9,9 detik "secara konsisten dan berulang".

"Sampai sekarang, itu adalah satu-satunya sedan listrik yang mampu mencapai waktu seperempat mil di bawah 10 detik," kata pihak perusahaan. “Yang pasti, itu hanya sepersekian di bawah 10 detik. Namun dalam dunia kendaraan berperforma tinggi, fraksi itu membuat semua perbedaan.”

Sebagai gambaran, Dodge Challenger yang merupakan salah satu mobil tercepat di drag strip, dapat menempuh seperempat mil dalam 9,65 detik dan itu hanya dengan bantuan mesin V8 6,2 liter. Lucid Air hanya sedikit lebih lambat daripada beberapa hypercar tercepat (dan termahal) di dunia, seperti Ferrari LaFerrari (9,8 detik untuk seperempat mil, seharga 1,4 juta US Dollar), Porsche 918 Spyder (9,8 detik seperempat mil, seharga 845.000 US Dollar), dan Bugatti Veyron Super Sport (9,7 detik seperempat mil seharga 2,4 juta US Dollar). Lucid Air diperkirakan berharga antara 60.000 dan 100.000 US Dollar tergantung pada level trim.

Selain itu, Lucid cukup menggoda melihat spesifikasi kinerjanya yang memukau selama beberapa tahun terakhir. Kembali pada tahun 2017, perusahaan mengklaim telah mencapai 217 mph di jalur uji coba.

Bagaimana hal ini dibandingkan dengan Tesla Model S P100D, yang telah mendapatkan reputasi sebagai EV tercepat di pasaran dengan sprint 0–60 mph yang dalam 2,9 detik? Masih belum bisa dipastikan.

Faktanya, sebagian besar produsen mobil mewah membatasi model berperforma tinggi mereka pada kecepatan yang sama, berkat “gentleman’s agreement” antara Mercedes-Benz, Audi dan BMW beberapa tahun lalu untuk mengurangi jumlah kematian di Autobahn.

Belakangan ini, Tesla mencapai rekor baru dengan kinerja Model S-nya, melaju seperempat mil dalam 10,4 detik berkat pembaruan “cheetah stance” tapi masih tidak secepat Lucid Air.

Sedangkan kemajuan Lucid dalam performa, jangkauan dan waktu pengisian daya tidaklah mengejutkan mengingat sejarahnya. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2007 sebagai pembuat baterai Atieva, awalnya berfokus untuk menjadi pemasok di dunia kendaraan listrik yang sedang berkembang daripada pembuat mobil. Salah satu pelanggan baterainya adalah Formula E, dengan Lucid memasok baterainya untuk musim kelima dan keenam dari seri balap listrik. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
lucid motors,
#
tesla,
#
lucid air,
#
dodge challenger