MENU
icon label
image label
blacklogo

Kurangnya Chip Global Bisa Pengaruhi Produksi Nyaris 4 Juta Mobil

MAY 15, 2021@09:00 WIB | 277 Views

Ketersediaan chip global masih jauh dari angka cukup untuk kebutuhan produksi mobil. Hal tersebut disebabkan oleh meroketnya permintaan elektronik pada tahun 2020 yang membuat pengecoran logam di seluruh dunia tidak dapat memenuhi semua pesanan mereka.

Kekurangan chip global disingalir memengaruhi industri otomotif. Bahkan banyak perusahaan akhirnya menghentikan operasinya untuk sementara lantaran kekurangan perangkat keras yang diperlukan untuk dipasang pada mobil mereka.

Penelitian yang dilakukan oleh perusahaan konsultan AlixPartners menunjukkan bahwa kekurangan chip semikonduktor global akan terus mendatangkan malapetaka dalam bisnis mobil, dengan total pendapatan yang hilang mencapai tidak kurang dari $ 110 miliar pada tahun 2021 saja.

Dalam laporan Reuters disebutkan bahwa, hal tersebut membuat perusahaan merevisi perkiraan awalnya ketika perusahaan memperkirakan pendapatan yang hilang akan mencapai $ 61 miliar, karena sekarang mengharapkan produksi tidak kurang dari 3,9 juta kendaraan akan terpengaruh.

Artinya, ada kemungkinan besar lebih banyak pembuat mobil akan menghentikan sementara operasinya karena mereka berjuang untuk mengatasi kekurangan chip. Buruknya lagi tidak ada yang tahu pasti kapan semuanya akan kembali normal, karena baik pembuat mobil maupun pengecoran di seluruh dunia tidak dapat melihat cahaya di ujung terowongan pada titik ini.

Di lain sisi, perusahaan teknologi lain telah menyatakan niat mereka untuk memulai pembuatan chip mobil, termasuk Intel dan Samsung. Intel, misalnya, berjanji memulai operasi di industri ini dalam waktu kurang dari satu tahun, sementara Samsung telah bekerja sama dengan Hyundai untuk investasi yang akan membantu mengatasi kekurangan chip dalam jangka pendek.

Diketahui, sejauh ini produsen mobil menghindari membuat inventaris chip, dan melakukan ini sekarang sangat tidak mungkin, hanya karena perusahaan pengecoran bahkan tidak dapat mengirimkan cukup unit untuk mobil yang sekarang akan keluar dari jalur perakitan. Tetapi dalam jangka panjang, analis mengharapkan semuanya berubah, karena produsen mobil kemungkinan akan membuat inventaris mereka sendiri dan karena itu memastikan mereka memiliki perangkat keras yang diperlukan untuk keseluruhan output-nya. [asl/timBX]

Tags :

#
chip global,
#
chip mobil,
#
mobil listrik,
#
produksi mobil listrik