MENU
icon label
image label
blacklogo

KTM Kembangkan Teknologi New Adaptive cruise dan Blind Sport Warning

JUN 12, 2018@14:00 WIB | 93 Views

KTM sebagai produsen motor Austria telah mempersiapkan prototype teknologi berbasis new adaptive cruise dan blind spot warning. Kedua sistem telah terlebih dulu popular pada teknologi mobil, dan sudah saatnya KTM menjadi yang pertama mengadopsi teknologi tersebut ke motor mereka. Sebuah radar powered cherries pada electronic suite terlihat terpasang pada KTM standar 1290 Super Adventure S.

Sebuah demonstrasi yang diperagakan oleh pembalap berlokasi OAMTC driving technique centre yang berlokasi di March, Austria. Terlihat pembalap tersebut mencoba melepaskan throttle dari tangan kanannya guna menguji kemampuan sistem adaptive cruise control dalam mengambil alih gas dan rem.  Teknologi inipun diujicoba oleh Gerald Matschi, Wakil President KTM R&D.

Sistem adaptive cruise control ini telah berfungsi seperti mobil yang memiliki fitur tersebut. Anda tinggal milih kecepatan dan jarak yang nyaman, motor akan bekerja melalui sensor radar untuk memantau lalu lintas dan mengatur kecepatan.

Sistem tersebut masih mempertimbangkan penggunaan rem depan yang lebih smooth, bila diperlukan. Tentu saja ingin menghindari berbagai kemungkinan agar rider tidak terpental kedepan, bila cakram depan terlalu keras. Meski baru sebatas prototipe, sistem ini telah mampu bekerja secara baik.

Dibalik itu diperlukan jutaan mil lahapan jalanan, untuk pengujian. Sebelum akhirnya nanti dipersiapkan ke jenjang produksi. KTM memiliki protoype yang kedua, selain adaptive cruise control system, yakni sistem dari blind sport warnings.

Sistem blind sport terdiri dari radar jarak pendek yang berusaha menangkap obyek dari arah buritan dan samping motor ini. Jika terdapat obyek berada di posisi blind sport, LED pada spion akan menyala, untuk memperingatkan Anda akan obyek yang tidak terlihat.

KTM baru akan memperkenalkan produknya ke pasar pada tahun 2021.  Teknologi ini sejalan dengan apa yang dilakukan brand Bosch dan Continental pada beberapa waktu lalu. Sebagai referensi, KTM 1290 telah mengadopsi inertial measurement unit, dan teknologi assist seperti cornering ABS, stability control, motor slip regulation, multi stage traction control, semi active suspension, hill start assist, cornering headlights, quichshifters dan self canceling indicators.[Ahs/timBX]

 
 

Tags :

#
auto news,
#
ktm 1290,
#
adaptive cruise,
#
blind sport warning,
#
fitur