MENU
icon label
image label
blacklogo

KIA Berencana Memproduksi Sportage Listrik

NOV 19, 2020@18:30 WIB | 235 Views

Kia dikabarkan akan menawarkan generasi baru SUV Sportage tidak hanya sebagai semua jenis hybrid tetapi juga sebagai versi listrik murni. Yang menimbulkan keraguan atas rumor tersebut adalah pernyataan sebelumnya dari manajer senior Kia.

Menurut laporan media Spanyol, Kia e-Sportage akan menjadi bagian dari portfolio sistem penggerak generasi kelima Kia Sportage yang akan diperkenalkan pada April 2021 dan mulai dijual pada akhir 2021. Namun demikian, data teknis seperti kapasitas baterai, kinerja atau jangkauan belum disebutkan dalam laporan. Karena tidak ada sumber yang disebutkan dalam artikel, informasi tersebut harus diperlakukan dengan hati-hati.

Namun jika rumor tersebut terbukti benar, e-Sportage akan menjadi luar biasa, karena akan membedakan Kia dari merek induknya, Hyundai. Kia Sportage secara tradisional berbagi platform dengan Hyundai Tucson. Hyundai telah mempresentasikan model baru dengan tampilan yang benar-benar baru pada bulan September, tetapi elektrifikasi di sini paling banyak adalah hibrida plug-in. Sebagai mobil listrik murni di segmen SUV kompak, Hyundai merencanakan Ioniq 5 berdasarkan platform kendaraan listrik modular yang disebut E-GMP. Ioniq 5 didasarkan pada Konsep 45 yang ditampilkan di IAA 2019.

Hyundai juga merencanakan SUV listrik atau Crossover listrik berdasarkan platform E-GMP, konsep yang sesuai disebut 'Imagine by Kia'. Selain Imagine yang didesain lebih futuristik, yang dengan platform dan teknologi baterai 800 volt dimaksudkan untuk menekankan keunggulan penggerak listrik murni, Kia sekarang rupanya ingin memposisikan mobil e-sport sebagai alternatif yang lebih konvensional. Dan mungkin dengan "harga yang lebih kompetitif", seperti yang dinyatakan oleh situs berita Spanyol, Forocoches Electricos.

Apa yang masih harus dilihat, adalah bagaimana Kia bermaksud untuk mengimplementasikan versi listrik pada platform mesin pembakaran berlistrik atau data kinerja apa yang dimungkinkan dengan kompromi tersebut. Perusahaan Korea mengembangkan e-GMP karena suatu alasan. Kia e-Niro yang lebih kecil didasarkan pada platform yang dikembangkan sejak awal untuk berbagai jenis sistem penggerak, termasuk mobil listrik-baterai. Mengenai apakah ini juga berlaku untuk platform yang lebih besar, Hyundai Tucson/Kia Sportage, pihak Hyundai belum memberikan indikasi apapun.

Emilio Herrera yang menjabat sebagai COO Eropa IAA, juga secara publik dianggap sebagai versi listrik murni dari Ceed tahun lalu, serta mobil kecil Picanto. Untuk Sorento, manajer saat itu hanya mengumumkan versi hybrid dan plug-in hybrid. Blog Mobil Korea, sebuah situs yang biasanya mendapat informasi lengkap tentang Hyundai dan Kia, juga menulis pada bulan Oktober bahwa Sportage baru akan mengambil alih penggerak dari Tucson, yang berarti tanpa versi listrik. Kami penasaran ingin melihat apa saja yang akan Kia perkenalkan pada bulan April mendatang. dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
kia,
#
sportage listrik,
#
mobil hybrid,
#
suv sportage,
#
suv