MENU
icon label
image label
blacklogo

Kembali Ke Le Mans, Cadillac Rilis Teaser Untuk Mobil LMDh Terbaru

JUN 03, 2022@10:00 WIB | 215 Views

Cadillac baru-baru ini memberikan tampilan baru pada mobil balap LMDh (Le Mans Daytona hybrid) barunya yang akan debut pada 9 Juni nanti. Mobil balap ini dikembangkan untuk IMSA SportsCar Championship 2023, khusus untuk kelas GTP (Grand Touring Prototype). Cadillac saat ini berlomba di kelas utama Daytona Prototype International (DPi), yang akan digantikan oleh kelas GTP pada tahun 2023.

Kelas GTP terbuka untuk kategori LMDh baru dan kategori Le Mans Hypercar (LMH) saat ini, dengan aturan Balance of Performance direncanakan untuk memastikan kompetisi yang seimbang. Mobil LMDh ini juga akan memenuhi syarat untuk Le Mans 24 Hours, yang juga akan diikuti Cadillac tahun depan. Ini akan menjadi pertama kalinya Cadillac ke Le Mans 24 Hours setelah 21 tahun.

Untuk mobil LMDh-nya, yang untuk sementara dijuluki LMDh-VR, Cadillac bekerja sama dengan dua tim mitra Dpi, yaitu Chip Ganassi Racing dan Action Express Racing. Chip Ganassi Racing bertanggung jawab atas kemenangan Ford GT di kelas GTE Pro-class pada gelaran Le Mans pada tahun 2016, tepat saat peringatan 50 tahun kemenangan Ford yang terkenal atas Ferrari dengan GT40 di Prancis.

Cadillac menggunakan sasis buatan Dallara, salah satu dari empat perusahaan yang memasok sasis untuk LMDh. Dan sesuai aturan, mobil harus mencapai bobot minimal 1.030 kilogram (2.270 pon), dan powertrain-nya, setup hybrid, dapat menghasilkan output maksimum sekitar 670 hp.

Cadillac cukup sukses di DPi, memenangkan dua kejuaraan, serta empat balapan Daytona 24 Hours berturut-turut. Namun, program Le Mans terakhirnya, yang berlangsung dari tahun 2000-2002, tidak berhasil.

Alpine, Audi, BMW, dan Porsche semuanya berkomitmen pada LMDh, sementara Ferrari, Glickenhaus, Peugeot, dan Toyota semuanya berkomitmen pada LMH. Lamborghini juga mengumumkan pada bulan Mei bahwa mereka akan bergabung dengan LMDh pada tahun 2024.

Balapan pertama untuk LMDh adalah Daytona 24 Jam 2023 Januari mendatang. Balapan tersebut merupakan babak pembuka dari SportsCar Championship 2023. [fdlh/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
cadillac,
#
cadillac lmdh-vr,
#
le mans 24 hours