MENU
icon label
image label
blacklogo

Jadwal Bentrok, Formula E Tunggu Keputusan WEC

JUN 23, 2019@18:00 WIB | 1,299 Views

Wakil CEO ABB FIA Formula E Alberto Longo menegaskan kejuaraan balap listrik tidak akan ‘bergerak’ dengan tanggal balapan yang berbenturan dengan FIA World Endurance Championship pada 2019/20.

Kalender FE musim depan terungkap pada pertemuan FIA World Motor Sport Council pekan lalu, dengan tiga tanggal bentrok dengan balapan WEC di Bahrain (balapan TBC FE 14 Desember), di Sebring (TBC kedua pada 21 Maret 2019), dan Spa (FE Seoul E-Prix).

Presiden FIA Jean Todt mengatakan bahwa badan pengurus berusaha mencari solusi untuk masalah ini, yang akan berdampak pada beberapa pembalap yang memiliki kesepakatan untuk berlomba di kedua seri tersebut.

Ketika ditanya apakah ini akan menjadi keputusan WEC untuk memindahkan acara tersebut daripada FE, Longo mengatakan, "Kami tidak akan pindah, itu sudah pasti.”

“Jika kita akan melakukan balapan (di TBC), itu akan menjadi akhir pekan yang sama. Seoul dikonfirmasi. Kalender sudah diumumkan dan itu saja. Kami tidak perlu membicarakannya, hanya apa adanya.”

“Kami sangat ketat dalam memilih kalender dan mudah-mudahan mereka dapat bergerak. Jika mereka tidak bisa bergerak, kami akan bentrok. Itu sama sekali bukan akhir dari dunia."

Longo mengindikasikan bahwa FIA telah menghubungi FE tentang kemungkinan memindahkan balapannya pada tanggal yang berbenturan, tetapi menambahkan, “Pada akhirnya kami telah menetapkan tanggal dan kami tidak dapat pindah dari sana.”

"Jadi jika balapan WEC dikonfirmasi, mereka akan berada di akhir pekan yang telah diumumkan."

Dipahami bahwa prospek WEC mengubah salah satu dari tiga tanggal bentrok itu sangat sulit, dengan sumber yang menunjukkan bahwa jadwal 2019/20 telah diumumkan kepada publik Agustus lalu.

Dalam pengarahannya di Le Mans 24 Hours pekan lalu, Todt juga menjelaskan bahwa komisi kalender telah dibuat untuk mencoba dan menghindari skenario yang saling bertentangan antara kejuaraan yang dipimpin FIA, tetapi kemudian menyarankan grup itu belum bertemu selama dua kalender 2019/20.

Mengenai komentar Todt tentang grup ini, Longo mengatakan, "Saya tidak tahu apakah itu disebut komisi kalender, tetapi kami telah melakukan pertemuan dengan semua promotor kejuaraan FIA.”

“Tujuan akhir dari pertemuan itu adalah untuk duduk bersama dan melihat apakah kita berhasil tidak berlomba di akhir pekan yang sama dari kejuaraan yang berbeda. Kami telah bertemu dalam dua musim terakhir."

Tags :

#
formula e,
#
fia world endurance championship,
#
wec