MENU
icon label
image label
blacklogo

Inilah 7 Konsep Chrysler Paling Keren

JAN 06, 2021@11:00 WIB | 231 Views

Pada awal 1990-an, Chrysler Group dan merek-mereknya memimpin kebangkitan desain otomotif Amerika yang masih bergema di sekitar kita sampai sekarang. Bertanggung jawab atas kebangkitan yang melihat beberapa tema desain utama Chrysler Group dan mobil terliar adalah seorang pria sederhana bernama Thomas Gale. Pekerjaan pertamanya dengan Chrysler dimulai pada tahun 1967 sebagai insinyur sebelum bekerja di desain eksterior. Pada tahun 1985, ia menjadi wakil presiden dan bertanggung jawab untuk mengarahkan kantor desain produk. Di antara koleksi terhebatnya adalah Dodge Neon dan Dodge Viper, tetapi dibawah ini akan berkonsentrasi pada konsep paling bergaya dan keren yang muncul di bawah pemerintahannya selama tahun 90-an.

1.   Chrysler 300 Concept 1991

Dengan Viper dalam perjalanannya sebagai Halo Car Dodge, disepakati bahwa Chrysler membutuhkan model andalan dan memiliki papan nama siap pakai dalam bentuk Chrysler 300. Modelnya memiliki proporsi umum yang sama dengan Viper, tapi ini adalah mobil yang lebih besar. Tinggi dan panjangnya hanya beberapa inci lebih tapi lebih lebar dua kaki dari Viper. Konsep 300 menggunakan mesin V10 8,0 liter Viper yang mengerikan tetapi memasangkannya dengan manual 4 kecepatan karena akan menjadi mobil sport mewah daripada sedan bertenaga yang akhirnya diproduksi. Di dalam, tepi membulat adalah temanya, dan area pengemudi berwarna hitam sedangkan bagian interior lainnya berwarna cokelat dengan aksen kayu.

2.   Dodge Dakota Sidewinder 1997

Sementara V10 besar Viper tidak berhasil masuk ke banyak kendaraan lain, itu digunakan untuk menarik perhatian pada beberapa konsep. Dakota Sidewinder menarik perhatian dengan sendirinya, ketika debutnya di SEMA Show 1996. Dakota adalah pahlawan kelas pekerja, pekerja keras yang teguh namun sederhana. Namun, Dakota Sidewinder adalah truk convertible liar dengan detak jantung yang dipasok oleh benjolan Viper versi 640 hp. Itu memiliki sedikit kesamaan dengan Dakota asli dan dibangun di atas sasis yang dibuat khusus oleh perusahaan yang sama yang memasok mesin konsep dan membangun mobil balap Viper GT-S. Desainnya berasal dari Mark Allen hanya dua tahun setelah dia menyelesaikan sekolah desain.

3.   Dodge Charger R/T Concept Car 1999

Sebelum kita mendapatkan Charger yang dikenal dan dicintai, Dodge mencoba menghidupkannya kembali berkali-kali. Satu-satunya mobil berotot Dodge pada akhir tahun 1990-an adalah Viper, jadi ketika Charger R/T Concept Car memasuki sirkuit pameran mobil, orang-orang menjadi bersemangat. Itu dibangun di atas platform yang sama yang mendukung Dodge Intrepid dan Chrysler Concorde, namun dengan penggerak roda belakang. Desainnya diambil dari Chargers akhir 1960-an dengan sikap agresifnya terhadap waktu dan bentuk botol soda. Para pengikut Mopar tidak terkesan karena tidak mirip dengan apa yang mereka anggap sebagai Dodge Chargers yang "benar. Peracikan itu adalah V8 4,7 liter supercharged yang dibuat untuk bekerja dengan gas alam terkompresi.

4.   Dodge Power Wagon 1999

Jika Tesla telah merobek konsep Power Wagon 1999 Dodge daripada konsep Curtis Brubaker yang tidak jelas dari tahun 1970-an untuk Cybertruck, lebih banyak orang akan bersemangat menunggu versi produksi. Desainnya yang tangguh namun edgy telah menua dengan baik, dan sebagian besar konsepnya adalah mesin yang ramah lingkungan. Di bawah kap konsep tersebut terdapat mesin diesel Caterpillar inline-enam turbocharged 7,2 liter, tetapi digunakan kembali untuk bekerja dengan bahan bakar bebas sulfur yang lebih bersih yang kemudian dinamai Daimler Chrysler Corporation dikembangkan dengan sebuah perusahaan bernama Syntroleum.

5.   Chrysler Chronos 1998

Mobil konsep Chrysler 300 ternyata hanya salah satu calon kendaraan andalan. Chrysler Chronos terinspirasi retro yang dirancang oleh Osamu Shikado. Ini didasarkan pada mobil pameran Chrysler/Ghia D'Elegance 1953 yang sama berani dan memadukan gaya Eropa dengan Americana klasik untuk menciptakan sesuatu yang canggih, menarik, dan Chrysler yang unik. Konsep ini dibuat menggunakan baja bentukan tangan untuk bodi di atas sasis Concorde yang disesuaikan untuk menerima tata letak penggerak roda belakang. Interiornya dilapisi kulit yang dijahit tangan, panel kayu keras, dan dilengkapi kotak tembakau cerutu di konsol tengah sejak tahun 1990-an.

6.   Chrysler Atlantic Coupe 1995

Jika Anda melihat mobil konsep dan produksi yang mengikuti Chrysler Atlantic Coupe, Anda dapat melihat betapa pentingnya konsep tersebut bagi Chrysler. Menurut cerita, gembong Chrysler Bob Lutz membuat sketsa bentuk di atas serbet yang mencerminkan coupe gaya Prancis tahun 1930-an, dan menunjukkannya kepada Gale. Gale mengambil serbet itu, tapi tidak menunjukkannya kepada timnya. Sebaliknya, ia hanya memberikan petunjuk tentang coupe gaya Eropa tahun 1930-an agar tidak menarik garis di sekitar kreativitas tim. Anda bisa melihat konsep yang dihasilkan terinspirasi dari 1938 Talbot-Lago T150 SS Coupe dengan jendela dan Bugatti Type 57S Atlantic secara keseluruhan. Art Deco Style yang ramping dilakukan di dalam dengan fitur-fitur seperti alat pengukur. Itu adalah konsep yang sangat populer sehingga Chrysler dengan senang hati akan tampil di sirkuit pertunjukan.

7.   Dodge Viper Concept 1989

Konsep Dodge Viper memulai debutnya pada tahun 1989, tetapi menjadi ikon di tahun 1990-an. Seperti Atlantic Coupe, ini dimulai dengan percakapan antara Bob Lutz dan Tom Gale. Kali ini, tentang ide membangun Cobra modern. Lutz dikirimi model tanah liat hanya beberapa bulan kemudian, bodi siap pada tahun 1989, dan mesin V10 akhirnya diselesaikan dengan Lamborghini pada bulan Februari 1990. Dua model pra-produksi memulai debutnya pada tahun 1991 sebagai mobil kecepatan untuk Indy 500. Itu adalah jalan cepat menuju produksi, meskipun ada penundaan keuangan yang disengaja dari atas Chrysler, yang menjelaskan perbedaan antara tampilan gaya mobil kit konsep Viper dan mobil produksi generasi pertama. Namun, ini telah menjadi ikon otomotif emas solid dan memberikan dasar yang dibangun oleh generasi selanjutnya yang jauh lebih ramping dan lebih abadi. [ibd/timBX]

Tags :

#
konsep chrysler,
#
konsep chrysler terkeren,
#
chrysler 300 concept 1991,
#
dodge dakota sidewinder 1997

RELATED ARTICLE