MENU
icon label
image label
blacklogo

Ini Pabrikan yang Diprediksi Bakal Saingi Tesla Di Pasar E-Bike

DEC 05, 2020@10:00 WIB | 288 Views

Tesla mencapai valuasi pasar USD$ 500 miliar minggu ini, tanda dominasinya di pasar kendaraan listrik. Namun untuk alasan tertentu, Elon Musk tidak menunjukkan minat nyata pada satu segmen EV yang sedang berkembang: skuter dan sepeda motor bertenaga baterai. Dan sejalan itu, produksi sepeda bertenaga baterai terus berkembang dan berkonsolidasi, yang berarti kemungkinan akan menghasilkan satu atau lebih pemain dominan di tahun-tahun mendatang. Ya, di masa datang bakal ada pabrikan yang akan menjadi pesaing kuat atau bahkan bisa meruntuhkan dominasi Tesla di pasar kendaraan motor listrik ini.

Sepeda motor listrik dan skuter memang masih relatif mahal, dan belum ada yang cocok dengan kisaran sepeda bensin terbaik, tapi perlahan itu akan segera berubah. Biaya baterai lithium ion turun 85% dalam dekade terakhir, kata Garrett Nelson, analis ekuitas senior di CFRA Research. Dalam 10 tahun ke depan, sepeda motor listrik bisa mencapai keseimbangan harga dengan sepeda bensin, ia memprediksi.

“Lapangan bermain terbuka lebar,” kata Nelson. Dia mencatat bahwa Honda, Yamaha, dan Harley-Davidson bersama-sama menguasai sekitar dua pertiga pasar sepeda motor global, dan masing-masing mengembangkan sepeda motor listrik. Begitu pula dengan pemain besar lainnya yang sudah mapan, seperti Hero Motors dan Bajaj Auto, perusahaan multinasional India, dan beberapa perusahaan rintisan khusus listrik yang lebih kecil, termasuk Zero Motorcycles dan Energetica. Nelson mencatat bahwa sebagian besar pertumbuhan saat ini berada di segmen kecil hingga menengah di pasar sepeda motor listrik dan skuter. Ini populer di Cina dan Asia Tenggara, di mana kendaraan roda dua lebih umum digunakan sebagai moda transportasi, dan polusi serta pengurangan kebisingan menarik secara sosial dan lingkungan.

NIU

Korus mengatakan pabrikan skuter Cina NIU adalah salah satu pemain menjanjikan yang beroperasi di ruang antara skuter lipat kecil dan sepeda motor besar. Perusahaan, yang go public pada tahun 2018, menjual skuter pintar yang didukung aplikasinya di 38 negara di Asia, Eropa dan Amerika Utara dan Selatan. Sahamnya telah meningkat tajam. Skuter duduk penuh gaya ini menawarkan jangkauan hingga 87 mil (140 km), layar pengukur dinamis multi-warna, dan sistem anti-pencurian berbasis GPS.

Persaingan utama NIU adalah pabrikan berbiaya rendah di China, yang membuat skuter yang kurang “pintar” daripada penawarannya, serta pemain kelas atas di Asia dan Eropa, yang cenderung memiliki harga lebih tinggi. Model NIU dapat dijual sekitar $ 3.100, sementara Honda yang sebanding lebih dari $ 5.000, Vespa lebih dari $ 7.000, dan BMW mulai dari $ 10.000 hingga $ 15.000, menurut Vincent Yu, seorang analis Needham & Co.

Harga saham NIU Technologies telah meningkat tajam, dan menguntungkan, meskipun masih ada pertanyaan tentang seberapa besar pasar skuter listrik roda dua nantinya. Harga saham NIU Technologies telah meningkat tajam, dan menguntungkan, meskipun masih ada pertanyaan tentang seberapa besar pasar skuter listrik roda dua nantinya.

Korus mencatat bahwa perangkat lunak NIU secara aktif mengumpulkan data yang dapat digunakan untuk mendukung manajemen armada, dan memungkinkan perusahaan untuk menambah nilai selain hanya menjual produk. Manajemen armada juga bisa menjadi bagian penting dari model bisnis Tesla, dalam kasusnya dengan kendaraan otonom, yang ditunjukkan oleh CEO ARK Invest Cathie Wood dalam tesis bullishnya tentang perusahaan Musk. Yu mengatakan saat ini ada nilai tinggi dalam fitur pintar yang difokuskan pada pencegahan pencurian dan perawatan kendaraan, misalnya, mengetahui kapan suku cadang perlu diganti. Baterai lithium-ionnya yang ringan juga merupakan keunggulan dibandingkan skuter listrik yang lebih berat dan lebih tua karena konsumen mencari baterai yang lebih portabel yang lebih mudah untuk diganti-ganti.

Harley-Davidson

Di Amerika, sepeda motor yang lebih kecil yang cocok untuk transportasi perkotaan dan hanya digunakan sesekali di jalan raya tidak sepopuler di Asia dan Eropa. Nelson mengatakan pembeli AS cenderung lebih tua dan lebih menyukai sepeda yang lebih besar dengan tampilan tradisional dan suara khas mesin pembakaran.

Harley-Davidson, pabrikan sepeda motor terbesar dan tertua di AS, telah berbicara kepada pembeli ini dengan LiveWire, sepeda motor listrik dengan gaya kapal penjelajah tradisional dan 105 tenaga kuda yang mengesankan yang memungkinkannya berakselerasi hingga 60 mil per jam dalam 3,1 detik cepat. LiveWire memiliki panjang 7 kaki dan berat hampir 550 pound, memberikan ukuran dan berat yang sesuai dengan penawaran bertenaga gas utama perusahaan, tetapi, dengan harga USD$ 30.000, itu terlalu mahal bagi banyak calon pelanggan.

Dengan semakin menuanya pembeli sepeda motor tradisional Amerika, penjualan Harley turun hampir 40% sejak puncaknya pada 2006. Dalam waktu dekat, permintaan yang terpendam untuk produk luar ruangan yang disebabkan oleh Covid-19 dapat menguntungkan pembuat sepeda motor, termasuk Harley, yang telah mengalami "kesulitan lima tahun terakhir" menurut analis Wedbush Securities, James Hardiman. "Banyak investor telah melihat Harley-Davidson dan sepeda motor yang lebih luas sebagai tidak diuntungkan," dari ledakan baru di luar ruangan, kata analis. Tapi penjualan industri dan penjualan bekas sama-sama naik, dan itu adalah prekursor untuk pemulihan yang lebih luas dalam penjualan sepeda, kata Hardiman baru-baru ini kepada CNBC. Sementara kasus beruang tentang demografi yang menua tidak akan hilang, sudah seperti itu selama satu dekade, katanya.

Di antara pesaing Harley untuk masa depan, pembeli sepeda motor ukuran penuh tidak hanya pemain tradisional seperti Honda dan Yamaha, tetapi Zero dan Energetica, yang memiliki beberapa teknologi sepeda listrik paling canggih yang tersedia saat ini.

Zero

Zero didirikan di Santa Cruz, California, pada tahun 2006, bukanlah nama yang terkenal, tapi itu salah satu pemain paling mapan di lapangan. Itu mulai menjual sepeda motor listrik pada tahun 2009, menjadikannya salah satu produksi pertama roda dua (sepeda motor listrik dan skuter produksi paling awal muncul masing-masing pada tahun 1970-an dan 1990-an, tetapi menikmati kesuksesan terbatas).

Lini semua-listrik Zero saat ini mencakup segala sesuatu mulai dari FX, sepeda motor "dual-sport" kecil di jalan dan off-road mulai dari $ 9.300, hingga sepeda sport SR / S yang mulai dari USD$ 20.000. SR / S 110 tenaga kuda dapat mencapai 124 mil per jam dan mampu menjangkau lebih dari 200 mil jika dilengkapi dengan baterai yang ditingkatkan. FR / S begitu canggih Road and Track menyinggung Zero semakin mendekati menjadi Tesla roda dua dalam ulasannya. Zero menawarkannya dengan sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna memodifikasi kecepatan maksimum sepeda, tenaga, torsi, dan parameter pengereman regeneratif.

Sepeda motor listrik Zero FX tepat setelah pembelian pada bulan Juni 2019 di toko Chicago, Illinois. Dibangun di California, sepeda motor Zero telah menjadi merek sepeda motor listrik terlaris di pasaran. CEO Harley-Davidson mengklaim bahwa sejak memperkenalkan LiveWire, mereknya telah terjual dengan baik, tetapi Zero FX dan model yang lebih murah dan lebih baru, Zero FX / S, serendah sepertiga harga LiveWire.

Sepeda motor listrik Zero FX tepat setelah pembelian pada bulan Juni 2019 di toko Chicago, Illinois. Dibangun di California, sepeda motor Zero telah menjadi merek sepeda motor listrik terlaris di pasaran. Dan Zero mencapai kesepakatan 10 tahun dengan Polaris, pembangkit tenaga kendaraan rekreasi, yang seharusnya memberinya sumber daya untuk lebih memperluas produksi dan distribusi. Ini akan membawa teknologi dan perangkat lunak powertrain Zero ke jajaran mobil salju dan kendaraan off-road Polaris.

Energica

Merek kelas atas Energica dibentuk pada tahun 2010 sebagai anak perusahaan dari CRP Group, sebuah pabrikan motorsport dan penerbangan yang berbasis di Modena, Italia. Ini menawarkan jajaran kecil sepeda bergaya menarik mulai dari USD$ 17.600 untuk tujuan umum Eva EsseEsse9, dan diakhiri dengan Ego + top-of-the-line. Yang terakhir adalah motor sport 145 tenaga kuda dengan harga mulai menggiurkan hampir USD$ 24.000, tetapi dengan kecepatan tertinggi 150 mph dan jangkauan hingga 250 mil.

Saha dari Global Marketing Institute mengatakan kepada CNBC bahwa perusahaannya berinvestasi besar dalam R&D dan memiliki beberapa paten terkait dengan manufaktur kendaraan listrik di Eropa, Asia, dan Amerika Utara.

Tentunya sebagai pabrikan sepeda motor terbesar di dunia, Honda Motorcycles of Japan, tidak tinggal diam. Baru-baru ini mereka mengajukan paten untuk versi bertenaga listrik dari CB125R dan CB300R, ini adalah sepeda kecil dan mudah diatur untuk keperluan umum dengan gaya "café racer".

Honda juga melakukan investasi besar dalam pengembangan teknologi baterai swappable untuk sepeda motor listrik agar pengendara dapat segera mengganti baterai setelah digunakan. Pergerakan ini, dan faktor-faktor seperti dealer global dan jaringan distribusi akan membantu Honda. [inn/asl/timBX]

Tags :

#
pasar e-bike,
#
tesla,
#
elon musk,
#
pesaing tesla,
#
kendaraan listrik,
#
e-bike