MENU
icon label
image label
blacklogo

Hoonitruck Milik Ken Block Diperindah dengan Intake Manifold Hasil 3D Printing

FEB 02, 2019@12:00 WIB | 2,162 Views

Insinyur Ford mengklaim telah mampu membuat intake manifold dengan mesin 3D. Bagi Ford pencapaian ini merupakan milestone bagi tim Ford Performance. Pihaknya sibuk untuk membuat intake manifold berbahan metal sebagai pengganti truk Ford F-150 1977 Hoonitruck, untuk keperluan agar mobil tersebut bisa bermain di Gymkhana 10.

Sebagai buktinya Ford Performance merekam kreasi pembuatan intake manifold dalam sebuah video yang diterbitkan. Detail video dalam merinci bagaimana rumitnya proses desain dan rekayasa, bagaimana part tersebut berfungsi sebagaimana pabrikan mencetak dalam skala besar di zamannya. Ford dan Block menggunakan mesin 3.5 liter twin-turbo V-6 di bawah kap Hoonitruck. Modifikasi yang dilakukan untuk mendapatkan asupan udara yang cukup ekstrim.

Para insinyur Ford akhirnya memberikan konklusi, dalam membuat intake manifoled bertujuan untuk mendapatkan supply udara yang cukup untuk turbocharger. Dimana ada enam silinder terpasang dibawahnya. Dengan proses pembuatan yang cepat, para insinyur menyimpulkan bahwa printer 3D cukup efektif untuk pembuatan part.

Usut punya usut, pembuatan intake manifold tersebut ternyata bukan di Amerika, melainkan sebuah laboratorium 3D printing di Jerman.  Metode produksinya yang tanpa alat tersebut memastikan bahwa mesin printing mampu mencetaknya secara presisi untuk komponen, yang mengaliri jumlah udara yang besar ke turbocharger dan mesin. Hasilnya, berat intake manifold cukup ringan dan dengan kekuatan yang sama durabilitasnya. Proses pembuatan dengan software CAD desain, dan butuh lima hari untuk mencetak 3D intake manifold lapis demi lapis.

Ken Block mengatakan bagian favorit mesin pada intake manifold karena selain sangat canggih, tidak mungkin ada campur tangan mesin dan manusia dapat membuat bagian itu, dan Block menyukai sentuhan yang mempermanis tampilan truknya.

Perlu Anda ketahui Black Pals, Ford merupakan salah satu dari sedikit automaker yang bereksperimen dan mengimplementasikan komponen cetak 3D. Sebelumnya, automaker supercar Swedia Koenigsegg telah membuat knalpot titanium dan turbocharger geometri variabel dengan printer 3D sejak 2014. Bugatti juga sekarang sedang menguji kaliper rem titanium dengan cetak 3D untuk supercar Chiron-nya. [Ahs/timBX]

Tags :

#
ford performance,
#
ken block,
#
hoonitruck,
#
intake manifold,
#
3d printing