MENU
icon label
image label
blacklogo

Honda Ungkap Civic Type R, Siap Hadapi VW Golf R Dan Audi RS3!

JUL 21, 2022@16:00 WIB | 294 Views

Anggota terbaru dari Civic generasi ke-11, Type R, telah terungkap menjelang peluncuran pada awal 2023. Pengungkapan ini datang tak lama setelah purwarupa Type R terakhir membuat rekor baru untuk mobil penggerak roda depan di Suzuka, rumah bagi Grand Prix Formula 1 Jepang.

Honda mengklaim hatchback Honda Civic Type R 2023 ini akan menjadi model Type R paling gahar yang pernah ada. Namun, telah dikonfirmasi bahwa hot hatch ini akan mempertahankan mesin turbocharged 2.0-liter VTEC empat silinder, meskipun disetel ulang untuk output yang lebih tinggi dan responsif.

Model keluaran sebelumnya menghasilkan tenaga 228 kW dan torsi 400 Nm. Type R sendiri masih menggunakan transmisi manual enam kecepatan dengan rev-matching, tanpa opsi otomatis yang tersedia.

Honda mengatakan bahwa Civic Type R akan menjadi kendaraan bermesin depan, penggerak roda depan tercepat, sambil menawarkan nuansa berkendara yang "adiktif" dan stabilitas kecepatan tinggi yang terjamin.

Di bagian eksterior, Type R menampilkan gaya yang lebih minimalis daripada pendahulunya namun tetap membawa kesan agresif. Ada guard yang lebih lebar dan bumper depan dan belakang yang lebih agresif daripada Civic standar, sementara ada air intake tipis di kap mesin.

Di bagian belakang, ada desain bumper belakang simpel daripada Type R sebelumnya namun dengan diffuser berpenampilan agresif dan tiga outlet knalpot yang dipasang di tengah. Honda mengatakan bahwa Type R terbaru ini juga memiliki rear door yang lebih lebar serta eksklusif untuk Type R. Selain itu, spoiler berukuran besar yang fungsional juga melengkapi tampilan agresif dari Type R.

Selain dalam warna Championship White, Honda Civic Type R terbaru ini juga akan tersedia dalam warna Rallye Red, Boost Blue, Crystal Black Pearl dan Sonic Grey Pearl baru.

Di bagian interior, kabin Type R terbungkus dalam trim merah, dengan karpet merah dan warna yang serasi untuk pelapis jok yang mirip suede. Kursi depan hadir dalam bentuk “polihedral tiga dimensi", yang dirancang untuk menopang penumpang dengan kuat di trek. Warna merah yang mendominasi kabin ini kontras dengan dasbor dan pintu berwarna hitam serta trim konsol tengah berwarna metallic.

Kluster instrumen digital Type R punya desain yang lebih slick, dan tampilan eksklusif mode +R yang menampilkan informasi seperti putaran mesin, indikator putaran, dan posisi gigi agar terlihat jelas oleh pengemudi. Sistem pencatat data LogR Honda menyediakan informasi real-time tentang pergerakan kendaraan.

Urusan harga, Type R lama sendiri dijual seharga Rp1 miliar lebih, kemungkinan besar Type R yang akan datang ini punya banderol harga yang lebih mahal. Type R baru akan bersaing dengan Hyundai i30 N, Volkswagen Golf R, Renault Megane R.S, Audi RS3 dan Mercedes-AMG A45 S di segmen yang sama. [fdlh/dera/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
honda,
#
honda civic type r,
#
hatchback