MENU
icon label
image label
blacklogo

Honda akhiri Pengembangan Robot Asimo

JUL 03, 2018@22:00 WIB | 92 Views

Honda secara resmi tutup buku dalam program pengembangan robotik Asimo setelah 18 tahun perkembangannya. Dilansir dari Nikkei Asia review, pada tahun 1986, Honda pertama kali membangun robot yang dapat berjalan dengan kekuatannya sendiri. Baru pada tahun 2000 perusahaan tersebut akhirnya merilis Advanced Step in Innovative Mobility, atau biasa dikenal dengan Asimo, kepada dunia. Robot berukuran anak ini dapat melakukan tugas-tugas kompleks seperti mengambil benda-benda kecil, menaiki tangga, mengenali perintah vokal, dan menavigasi lingkungan baru secara langsung.

(Honda hentikan pengembangan robot Asimo)

Robot  Asimo terakhir, yang dibuat pada tahun 2011, membuat robot memiliki kemampuan gerak yang lebih maju dan menambahkan sensor ke seluruh tubuhnya yang memungkinkan Asimo untuk lebih akurat berinteraksi dengan lingkungannya. 

Versi terakhir ini bisa melompat, berdiri dengan satu kaki, dan berlari lebih dari lima mil per jam. Walaupun semakin majunya pengembangan robot Asimo, nyatanya robot itu tidak pernah mencapai produksi massal dan dipasarkan. Karena hal demikian, Honda telah memutuskan untuk menghentikan pengembangan dari Asimo.

(Sebelumnya Honda mengembangkan Asimo dari taun 1980, sebelum diperkenalkan tahun 2000)

Namun, berita selanjutnya mengatakan bahwa, teknologi robot Asimo, rencananya akan dipasangkan pada sepeda motor. Di 2017 lalu, Honda merancang teknologi penyeimbang Asimo untuk menciptakan sepeda motor yang dapat menahan dirinya sendiri dengan tegak. 

Perusahaan juga berencana untuk menggunakan mekanisme dari kaki robot untuk membangun exoskeleton mekanik yang dapat membantu pasien terapi fisik dalam berjalan, dan hal tersebut sedang dalam masa uji menggunakan prototipe. 

(Dari teknologi Asimo, Honda juga turut menciptakan barang dengan teknologi terbaik lainnya)

Sensor milik robot  Asimo, dengan kemampuannya untuk melacak lingkungan sekitarnya,  terbukti berharga dalam pengembangan kendaraan semi-otonom. Honda juga menemukan penggunaan teknologi yang lebih baru dalam mesin pemotong rumput robot Miimo-nya.[prm/timBX]
 

Tags :

#
autonews,
#
honda,
#
asimo