MENU
icon label
image label
blacklogo

Honda Akan Jadikan India Basis Produksi SUV Listrik Compact Di Asia

JAN 05, 2024@11:00 WIB | 176 Views

Honda semakin gencar untuk menghadirkan banyak produk mobil listrik murni. Terbaru, brand asal Jepang ini bakal menunjuk India sebagai negara basis produksi mobil listrik berjenis SUV Compact untuk pasar Asia.

Melansir Motorbeam, Kamis (4/1/2024), proyek ini dinamai Honda sebagai Asian Compact Electric atau ACE. Rencananya proyek ini bakal direalisasikan pada tahun 2026 mendatang. Targetnya sekitar 50 hingga 70 persen SUV listrik compact yang diproduksi di India bakal di ekspor ke berbagai negara Asia lainnya termasuk Jepang.

Untuk pabrik perakitannya sendiri, Honda akan menggunakan pabrik yang sudah mereka punya di wilayah Tapukara, Rajasthan. Nantinya mulai tahun 2024, pabrik ini akan mulai dilakukan beberapa modifikasi untuk menunjang produksi SUV listrik compact yang akan dimulai di 2026 mendatang.

Proyek ACE ini menjadi strategi Honda untuk mulai serius dengan pasar mobil listrik murni yang memang terus berkembang. Dipilihnya India sebagai basis produksi SUV listrik compact karena negara ini cukup serius dengan mempermudah kebijakan berkaitan mobil listrik.

Presiden dan CEO Honda Cars India, Takuya Tsumura menyebut bahwa selain berfokus pada pasar ekspor, proyek ini juga berpengaruh pada kebutuhan lokal. Terlebih di India, populasi mobil listrik memang tengah peningkatkan yang cukup signifikan.

Honda sendiri juga sudah mempersiapkan satu SUV listrik compact menggunakan kode bodi DG9D. Meski belum diungkapkan secara mendetail, tapi SUV listrik compact ini juga diproyeksikan sebagai produk global dan juga dihadirkan di pasar luar Asia. [edo/timBX]

Tags :

#
honda,
#
india,
#
mobil listrik,
#
ev,
#
suv