MENU
icon label
image label
blacklogo

Ferrari 812 Superfast Ditarik Kembali

DEC 24, 2020@13:30 WIB | 539 Views

Penarikan unit kenadaraan oleh pabrikan memang sering dilakukan, tak terkecuali mobil sport, namun, tak disangka masalah pada mobil sport jutsru terkesan tidak sungguh-sungguh dalam membuat mobil, termasuk produsen sekelas Ferrari.

Seperti halnya penarikan 1.063 unit Ferrari 812 keluaran tahun 2018-2020, masalah Ferrari 812 ini adalah kaca belakangnya bisa copot. Masalahnya diyakini ada pada bagian yang membuat daya rekat pemasangan kaca lebih cepat habis.

Supercar Ferrari biasanya tidak bermasalah dengan adhesi, tetapi Ferrari 812 Superfast versi Australia dilaporkan kembali ke dealer untuk memperbaiki masalah pada jendela belakang yang berpotensi lepas.

Penarikan ini berdampak pada 140 contoh dari apa yang disebut sebagai supercar tercepat dan paling kuat dalam sejarah marque Italia yang terkenal itu ketika terungkap di pameran motor Jenewa 2017, mengacungkan mesin V12 6,5 liter 588kW / 718Nm yang kuat yang dapat mengirim Ferrari 812 Superfast.

Badan keselamatan jalan Amerika Serikat menemukan bahwa ada komponen pada 812 Superfast yang kualitasnya tidak sesuai standar keamanan. Komponen yang dimaksud yakni kaca belakang, yang diklaim bisa copot saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi. Penyebabnya, lem pada kaca tidak merekat sempurna.

Tidak ada kabar dalam pemberitahuan penarikan tersebut mengenai kecepatan di mana kendaraan Ferrari yang terkena dampak mungkin kehilangan daya rekat jendela belakangnya, tetapi model tersebut tersedia untuk dijual di Australia antara 27 Juli 2017 hingga 25 Juni 2020.

Dalam menjelaskan cacat tersebut, Ferrari mengatakan dalam pemberitahuan bahwa "ikatan yang salah dari jendela belakang dapat menyebabkan penurunan adhesi jendela belakang ke kap belakang".

"Kaca jendela belakang bisa terlepas sepenuhnya dari kendaraan, terbawa udara atau jatuh ke jalan, meningkatkan risiko cedera serius atau kematian pengguna jalan lainnya," kata pembuat mobil itu.

Pemilik kendaraan yang terkena dampak harus menghubungi dealer Ferrari setempat mereka untuk mengatur kaca jendela belakang pengganti, gratis. Ferrari Australasia juga dapat dihubungi langsung di 1800234392 (Senin-Minggu, 24 jam).

Masalah ini pertama kali ditemukan di Jerman pada 11 Mei 2020 dan disusul dengan dua laporan lain pada 21 Mei, Ferrari mulai menyelidiki masalah tersebut, dan menemukan penyebab masalah tersebut terjadi kesalahan dalam proses produksi supplier, di mana area bonding kaca tidak dibersihkan pada bodywork.

Komite Produk Ferrari bertemu pada 30 September 2020, dan memutuskan bahwa penarikan perlu dilakukan, Ferrari akan mengganti jendela belakang pada kendaraan yang terkena dampak. Pemilik dan dealer akan menerima pemberitahuan tentang kampanye perbaikan pada 6 Desember 2020. [mar/asl/timBX]

Tags :

#
ferrari 812 superfast,
#
ferrari 812,
#
mobil superfast,
#
mobil sport,
#
ferrari