MENU
icon label
image label
blacklogo

Ferrari 812 Superfast Datang Dengan Modifikasi yang Menggoda

NOV 03, 2020@10:00 WIB | 422 Views

Model Ferrari bertenaga V-12 terganas di line up saat ini, Ferrari 812 Superfast, memang telah ada selama beberapa tahun. Koleksi edisi terbatas dengan performa tinggi ini menjanjikan kecepatan, kemewahan dan kecepatan sekaligus. Berselang 3 tahun sejak peluncuran perdananya, sebuah video dari Varryx di YouTube, memperlihatkan uji coba Ferrari 812. Mobil berwarna gelap tersebut melenggang di sekitar jalan markas besar Ferrari di Maranello, baru-baru ini. Ini pun memberi tampilan terbaik yang bisa didapatkan dari Ferrari 812, dengan beberapa modifikasi aero menarik di bumper belakang.

Mobil ini terlihat hampir sama di bagian depan, kecuali bukaan gril yang lebih lebar. Namun bagian belakang mendapat perubahan signifikan. Bagian diffuser tampak tidak berubah, tetapi trim bumper yang mengelilingi knalpot telah diganti dengan semacam pengaturan gril berlubang di kedua sisi yang diperlebar, untuk menutupi banyak bagian ban belakang.

Belum diketahui manfaat apa yang ditingkatkan dengan modifikasi ini. Ada yang menyebut ini untuk mendinginkan knalpot atau mengalirkan udara lebih efisien dari roda. Penataan yang tertempel dan kurangnya keanggunan mobil, menunjukkan bahwa ini tidak akan menjadi sesuatu yang akan ada etalase penjualan.

Belum diketahui pasti apakah modifikasi ada kaitannya dengan recall Ferrari 812 Superfast yang sudah beredar. Diketahui bahwa komponen kaca belakang dari Ferrari bergaya grand tourer ini harus diganti karena berpotensi lepas dan melayang saat melaju.

Dilansir oleh National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), masalah ini diakibatkan oleh area perakitan kaca yang tidak dibersihkan pada bodywork. Hal tersebut membuat perekatan kaca ke badan mobil tidak sempurna dan bisa membuat kaca terlepas sehingga memunculkan resiko bagi pengendara lain.

Setidaknya, ada 1.063 unit Ferrari 812 Superfast yang kena recall akibat hal  ini. Unit Ferrari yang terdaftar dalam recall ini adalah model produksi 20 Juni 2017 hingga 15 Juni 2020. Sementara untuk 812 unit Ferrari 812 Superfast yang diproduksi setelah tanggal tersebut, dinyatakan aman tidak memiliki kekhawatiran soal kaca belakang.

Keputusan NHTSA ini dipicu oleh insiden yang terjadi di Jerman pada bulan Mei lalu. Setidaknya ada tiga kejadian identik yang dialami pada model penerus F12 Berlinetta terkait hal ini, dan Ferrari langsung mengumumkan recall kaca belakang pada 21 September. Kendati video Ferrari 812 Superfast modifikasi yang dibagikan Varryx tidak berkaitan langsung dengan kaca belakang, setidaknya kita melihat pabrikan punya rencana untuk menghadirkan kendaraan pacu yang makin ganas, bergaya, dan pastinya aman. [yub/asl/timBX]

Tags :

#
ferrari 812 superfast,
#
ferrari 812,
#
ferrari