MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Resmi, Ini Daftar Pebalap yang akan bertarung di Formula 1 Musim 2018

DEC 08, 2017@15:00 WIB | 2,396 Views

Nama-nama pebalap Formula 1 musim 2018 akhirnya resmi diumumkan oleh FIA, termasuk tiga pebalap rookie yang akan melakukan debut perdananya di F1 2018. Sementara itu, tim Williams masih menyisakan satu kursi kosong, dan siapakah yang akan menempati posisi tersebut?

Pada tes pascamusim di Abu Dhabi, skuat Grove tersebut menurunkan Robert Kubica dan Sergey Sirotkin. Keduanya, dan juga Paul di Resta, diyakini juga bakal masuk ke dalam daftar kandidat untuk rekan setim Lance Stroll tahun depan.

Sementara itu, drama mesin yang terjadi antara McLaren-Honda-Toro Rosso-Renault pada musim 2017 turut memberikan dampak pada susunan pebalap untuk musim 2018. Seperti diutarakan Motorsport.com, Honda yang akhirnya berhenti menjadi pemasok mesin McLaren kemudian menggaet Toro Rosso sebagai mitra baru mereka. Skuat Faenza itu pun harus membatalkan kontrak mesin Renault lebih awal.

Sebagai bentuk kompensasi, tim pabrikan asal Perancis tersebut mendapat jasa Carlos Sainz Jr. dengan status pembalap pinjaman. Hal tersebut membuka satu kursi lowong di Toro Rosso, yang kemudian bertambah menjadi dua setelah Daniil Kvyat terdepak dari skuat Red Bull.

Setelah "mengungsi" di ajang Super Formula, Pierre Gasly, mendapat promosi ke kursi pebalap utama Toro Rosso. Kejutan kemudian terjadi saat Brendon Hartley dipilih sebagai rekan setim pebalap Perancis tersebut.

Hartley, yang tahun ini berhasil menyegel gelar juara dunia World Endurance Championship, sebenarnya pernah menjadi bagian dari program pembinaan Red Bull sebelum terdepak pada 2010. Di musim 2018, Hartley dan Gasly akan menjalani musim penuh pertama mereka di F1.

Nama legendaris Alfa Romeo akhirnya kembali ke F1 setelah menjalin kerja sama dengan Sauber. Sesuai kesepakatan, tim yang berbasis di Hinwill, Swiss tersebut mulai musim depan akan bernama lengkap Alfa Romeo Sauber.

Ferrari (yang masih satu grup dengan Alfa Romeo) mengirimkan salah satu pebalap muda mereka, Charles Leclerc, untuk menggantikan Pascal Wehrlein sebagai rekan setim Marcus Ericsson di musim 2018.

Perjalanan karier Leclerc memang telah meroket sejak menyabet mahkota juara GP3 2016 dan Formula 2 pada satu tahun berikutnya. Pembalap Monako itu akan menggunakan nomor #16 di musim debutnya. [yus/timBX]

Berikut susunan daftar pebalap F1 2018:

Tags :

#
formula 1,
#
blackauto,
#
autonews