MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Grand Prix Austria F1, Valtteri Bottas Jadi yang Terdepan

JUL 06, 2020@18:30 WIB | 288 Views

Pembuka musim Formula 1 2020 resmi akhirnya dimulai, dimana Valtteri Bottas berhasil duduk di podium tertinggi, diikuti oleh Charles Leclerc dan juga Lando Norris yang mengisi tempat kedua dan ketiga masing-masing.

Memulai balapan dari pole position di Grand Prix Austria F1 pada hari Minggu (5/7/2020), Valtteri Bottas mendominasi lintasan dari garis start sampai ke garis finish.

Dengan keunggulan tersebut juga, pembalap Finlandia itu pun membuat jarak waktu yang terbilang jauh dari para pesaingnya.

Pada lap ketiga, Bottas yang melanjutkan dominasi berhasil unggul 2,4 detik dari Max Verstappen (pembalap Red Bull) yang menempati posisi kedua.

Di sisi lain Lewis Hamilton yang mendapatkan penalti sehingga memulai balapan dari tempat kelima, masih berjibaku dengan Alexander Albon yang memulai balapan dari posisi keempat. Dan akhirnya setelah sembilan lap. Hamilton menyalip Albon dan mengambil tempat ketiga.

Kemudian kembali ke dua pembalap terdepan, Verstappen mengalami nasib buruk ketika mesin mobilnya bermasalah di Turn 1 lap ke-11 dan harus mengubur target menang tiga kali beruntun di Red Bull Ring.

Karena hal tersebut, duo Mercedes pun mendominasi balapan dan terjadi persaingan ketat antara Bottas dan Hamilton, meskipun pembalap Inggris tersebut akhirnya gagal menyalip rekan setimnya.

Di sisi lain, periode masuknya safety car berhasil dimanfaatkan Alex Albon untuk melakukan pergantian ban, dimana setelahnya, dia nyaris menyalip Hamilton sampai akhirnya mobil keduanya berbenturan yang menyebabkan Albon kehilangan kendali dan jatuh ke posisi 13.

Karena insiden tersebut juga, Hamilton mendapat kerugian penalti lima detik, hal yang dimanfaatkan Chalers Lecler untuk menembus ke posisi 2.

Sedangkan dari hasil itu juga, Lando Norris mendapat keuntungan untuk menyalip posisi Hamilton dan juga Albon, sehingga dia finish ditempat ke-3.  [dhe/asl/timBX]

Hasil Grand Prix F1 Austria 2020

1. Valtteri Bottas (Mercedes)    

2. Charles Leclerc (Ferrari)           

3. Lando Norris (McLaren)

4. Lewis Hamilton (Mercedes)

5. Carlos Sainz Jr. (McLaren)       

6. Sergio Perez (Racing Point)

7. Pierre Gasly (AlphaTauri)

8. Esteban Ocon (Renault)

9. Antonio Giovinazzi (Alfa Romeo)

10. Sebastian Vettel (Ferrari)     

11. Nicholas Latifi (Williams)

12. Daniil Kvyat (AlphaTauri)

13. Alexander Albon  (Red Bull)

DNF. Kimi Raikkonen (Alfa Romeo)

DNF. George Russell (Williams)

DNF. Romain Grosjean (Haas)

DNF. Kevin Magnussen (Haas)

DNF. Lance Stroll (Racing Point)

DNF. Daniel Ricciardo (Renault)

DNF. Max Verstappen (Red Bull)

Tags :

#
grand prix austria f1,
#
valtteri bottas,
#
charles leclerc,
#
lando norris,
#
formula 1 2020