MENU
icon label
image label
blacklogo

Elektrifikasi Mengantar Era Baru Desain Untuk Renault

SEP 20, 2021@10:00 WIB | 96 Views

Renault tidak hanya memasuki era elektrifikasi dengan Megane E-Tech Electric, Renault 5 dan Renault 4, tetapi juga memulai arah desain baru.

Sejak tahun 2009, Laurens van den Acker telah memimpin desain Grup Renault dan berperan penting dalam mendefinisikan bahasa gaya merek. Veteran industri Gilles Vidal ditunjuk sebagai direktur desain baru Renault pada tahun 2020 dan selama wawancara baru-baru ini, van den Acker mengatakan kendaraan seperti Megane E-Tech akan menentukan merek dan menandai titik tengah antara arah desainnya dan arah desain Vidal.

Kepada Auto News, Acker menjelaskan, Megane E-Tech baginya lebih dari sekedar kendaraan. Ini juga merupakan simbol dari rencana Renaulution, untuk maksud dan visi perusahaan, karena ini adalah mobil full-electric tanpa kompromi.  “Dan saya pikir Luca [de Meo] sangat berani menyebutnya Megane, karena dengan melakukan itu Anda menunjukkan tidak ada jalan kembali [ke pembakaran internal]. Ini adalah jantung dari lineup kami dan menjadi mobil yang sangat penting karena bagi Renault untuk bisa menjual kendaraan listrik, harganya akan lebih mahal. Kami perlu meningkatkan desain, hasil akhir dan kualitas, dan memberikan substansi yang cukup dalam hal teknologi dan sensasi yang [harga yang lebih tinggi] benar-benar dapat dibenarkan,” imbuhnya.

Acker menambahkan, dari segi desain, itu ada di tengah, karena itu adalah kendaraan yang berada di akhir kekuasaannya di desain Renault dan awal dari Gilles Vidal. “Anda sudah dapat melihat pengaruh Luca, kami membuat mobil pameran Megane untuknya, dan dia mendorong mobil produksi untuk sedekat mungkin dengan mobil pameran. Dan ini memiliki pengaruh yang sangat positif karena dia mendorong ukuran roda, dia mendorong sentuhan akhir, warna,” paparnya.

Seperti pabrikan mobil lainnya, Renault memanfaatkan fleksibilitas yang disediakan platform listrik. Sebagai contoh, pembuat mobil Prancis telah mampu memberi Megane E-Tech semacam overhang depan sementara masih memiliki ruang untuk sistem HVAC. Kehadiran motor listrik kecil memungkinkannya untuk menyesuaikan roda dan ban yang lebih besar tanpa mengorbankan radius belok, sementara tidak adanya knalpot memungkinkan bagasi yang lebih besar dan jarak sumbu roda yang panjang memberikan banyak ruang bagi penumpang.

Baca juga: Renault Megane E-Tech Electric Terungkap, All New Electric SUV

Renault juga akan menghidupkan kembali dua papan nama yang paling terkenal untuk era listrik: Renault 5 dan Renault 4. Renault 5 baru telah dipratinjau sebagai hatchback yang terinspirasi retro yang akan diluncurkan pada 2022, sedangkan Renault 4 akan tiba sebagai crossover kompak di akhir dekade ini. Mereka tidak akan terlihat seperti model Renault lainnya dan itu bukan kecelakaan.

“Pertama, saya tidak melihat mobil-mobil ini sebagai arah awal yang perlu diterapkan ke seluruh jajaran. Bagi saya, mereka unik dan ini seperti Ford Mustang atau Ford Bronco. Dan sekarang ide dari Renault 5, sebuah city car listrik, progresif, keren sangat menarik, dan itu membantu kami untuk memberikan cita rasa pada merek tersebut,” pungkasnya.[ibd/timBX]

Tags :

#
renault,
#
mobil renault,
#
mobil terbaru renault,
#
era baru desain untuk renault