MENU
icon label
image label
blacklogo

El-Born Sosok SUV Full Electric dari Seat Tampil di Geneva

MAR 02, 2019@11:00 WIB | 2,060 Views

Sebagai realisasi atas komitmen brand memproduksi mobil-mobil bertenaga listrik di tahun 2020, Seat manufaktur Spanyol telah mempersiapkan sebuah SUV  atau hatchback yang sepenuhnya elektrik. El-Born namanya, dan bakal diperkenalkan melalui Geneva Motor Show.  The el-Born bakal menjadi teknologi kunci yang mendorong perubahan elektrifikasi, kendaraan otonomi, shared mobility dan connectivity.

Dikembangkan di Barcelona, rencana produksinya mengambil tempat di Jerman, karena menggunakan platform MEB milik Volkswagen Group. Seperti yang Black Pals ketahui,  platform tersebut juga digunakan untuk varian Buzz dan Crozz, serta Dune Buggy yang juga akan meramaikan pameran Geneva International Motor Show.

El-Born menggunakan paket baterai 62 kWh, dan diklaim mampu menempuh 420 km berdasarkan Worldwide Harmonized Light Vehicle Test Procedures (WLTP). Pengisian dayanya untuk mengisi kapasitas 80 persen baterai hanya 47 menit ketika dihubungkan ke supercharger DC 10 kW.  Perancang el-Born telah menyematkan advanced thermal management system membantu mengurangi penurunan suhu saat digunakan di suhu rendah. Seat menetapkan tenaga atau sekitar 201 hp, dan mampu memotong waktu 7,5 detik untuk berlari dari 0-100 kpj.

Tanpa menggunakan mesin combustion, grille depan dikorbankan untuk meningkatkan aerodinamika. Udara mengalir ke  baterai, melalui beberapa ventilasi dibawah sasis. Dengan velg 20 inci, yang didesain untuk aliran udara yang maksimal. Sisi aerodinamis belakang juga menggunakan spoiler ganda.

El-Born diklaim telah meraih kemampuan otonomi tingkat 2. Itu berarti kemampuan otonominya masih bergantung pada manusia saat melintasi jalan. Akan tetapi sudah dilengkapi dengan assist steering, assist akselerasi dan assist deceleration, serta kemampuan parkir sendiri.

Berkat kemampuan drivetrain electric, Seat menjanjikan sebuah layar infotainment 10 inci, dengan kemampuan konektivitas, dan kabin depan yang sepenuhnya dirancang sebagai kokpit digital.  El-Born akan memulai debutnya di Geneva Motor Show, 5 Maret nanti. [Ahs/timBX]

Tags :

#
seat,
#
seat el-born,
#
full electric,
#
geneva motor show