MENU
icon label
image label
blacklogo

Ducati Sempurnakan Teknologi DTC-nya

JUL 30, 2017@21:00 WIB | 266 Views

Ducati memperkenalkan teknologi Traction Control EVO (DTC EVO) yang telah disempurnakan unutk  memberikan performa dan keamanan ke tingkat yang lebih tinggi. Teknologi ini sendiri diadaptasi dari hasil penelitian Ducati dan MotoGP dan SBK. Teknologi DTC EVO pertama kali diperkenalkan pada Panigale S Anniversario 1299, kemudian ditawarkan sebagai standar pada Panigale 1299, Panigale 1299 Model 2017 dan versi eksklusif 1299 Superleggera dan 1299 Panigale R yang baru.

DTC EVO didasarkan pada algoritma yang membuat sistem intervensi lebih cepat dan tepat. Teritegrasi dengan Bosch Inertial Measurement Unit (IMU), DTC EVO terus mengevaluasi sudut kemiringan motor, menggunakannya untuk menghitung secara akurat tingkat intervensi yang diperlukan untuk memastikan putaran roda belakang yang sesuai, sehingga memberikan performa yang maksimal dan keamanan yang lebih baik.

Untuk meningkatkan daya menikung, memaksimalkan akselerasi dan meningkatkan tingkat keselamatan, DTC EVO bekerja pada katup body throttle dan mengendalikan percikan api pada busi dan aliran bensin pada injeksi. Menawarkan penggunaan bahan bakar yang presisi dan intervensi komputer yang konsisten. Jadi DTC EVO sangat menguntungkan dalam situasi di mana adanya perubahan daya cengkeram, seperti saat ban belakang sudah aus.

Dengan jenis kontrol traksi yang lebih sederhana, kontrol bisa mendeteksi putaran roda belakang. Bila terjadi spin berlebih, traksi akan dioptimalkan kembali, di sini sistem mengurangi intervensi sampai spin berkurang. DTC EVO mengurangi besarnya osilasi tersebut, membuat sistem beroperasi lebih dekat ke gaya balap yang sempurna.

Selain sistim intervensi yang ditingkatkan, saat disetel ke "1" atau "2", sistem DTC EVO menambahkan fungsi "Spin On Demand" baru yang memungkinkan motor bisa ditunggangi layaknya para ahli dan profesional. Sekarang, saat motor menikung dan rebah, pengendara dapat menggunakan throttle untuk meminta putaran roda lebih banyak daripada yang diberikan oleh tingkat intervensi normal, yang memungkinkan motor melaju dengan mantap karena bisa bertumpu pada roda depan dan menyelesaikan tikungan yang diambil.

Semua pemilik Panigale 1299 dapat mengupgrade sistem DTC EVO mereka hanya dengan menghubungi diler Ducati terdekat mereka. Menariknya, upgrade ini tersedia, sebagai aksesori, untuk model Panigale 1299 dan Panigale S 1299 rakitan tahun 2015 dan 2016. [bil/timBX]

Tags :

#
ducati,
#
blackauto,
#
autonews