MENU
icon label
image label
blacklogo

Dodge Viper Bermesin Hellcat Supercharger, Monster Darat yang Siap Beradu di SEMA 2020

JUN 22, 2020@18:00 WIB | 303 Views

Gelaran SEMA 2020 dijadwalkan masih tetap berlangsung pada bulan November nanti, meski pandemi Covid belum lenyap di Amerika Serikat. Satu produk ini dibangun sebagai persiapan salah satu kompilasi dari produk Mopar terbaik di SEMA, Las Vegas, Amerika Serikat.

Sebuah bodykit Dodge Challenger "Highway Star" hasil kolaborasi perusahaan Hemi Autoworks dan Ellsworth Racing. Basic bodykit ini dikembangkan melalui gaya Dodge Viper dengan basic Dodge Challenger 1970.

Nama Highway Star cukup tenar setelah diambil menjadi salah satu judul lagu grup band Deep Purple 1972. Highway Star contoh dari brand  otomotif yang terdaur ulang. Sementara sasis Viper pernah terbakar, dan body Challenger yang berkarat, membuat restorasi cukup sulit.

Salah satunya dengan membangun sasis 13 inci lebih panjang untuk mengakomodasi body Challenger. Lebar body Dodge Viper juga melar 1.5 inci.  Fender flare dibuat ulang untuk ruang velg 19 inci dan ban lebih besar, dengan ruang fender bertambah 4 inci. Sementara modifikasi lain yang terlihat adalah front splitter, spoiler belakang dan diffuser belakang mendukung gaya street racing. 

Dibawah kap mesin menggunakana mesin Hellcat V8, 6.2 liter,  supercharged. Mesin V8 masih bawaan pabrik, namun supercharged diinstal oleh Kong Performance dan penahan panas dari FI interchillers. Tenaga yang besar dikirim ke roda belakang melalui transmisi Viper manual 6 percepatan, dengan mantic clutch triple disk. Dengan suspensi basic Viper dan tambahan coilovers, dan bantuan pengereman serta cooling system yang  ditingkatkan.

Sektor interior bagian belakang telah dilucuti untuk menggantikan full roll cage. Tambahan seat belt 6 titik harnesses, lebih aman tanpa airbag dengan tenaga Hellcat yang cukup seram. Untuk menghemat berat dipasang pendingin udara, yang sudah diadaptasi dari Cool it Thermo Tec.

Proyek Highway Star menurut Ellswort Racing bukan hanya sebuah stan aftermarket di SEMA nanti.  Highway Star lebih ke real street driven race car, dan berencana mengikuti even balap diseluruh luar negeri. Bagaimana Dodge Challenger ini bisa mencapai balap hanya dengan groundclearance 1/4 inci saja? [Ahs/timBX]

Tags :

#
dodge challenger 1970.,
#
modifikasi mobil,
#
highway star,
#
ellswort racing,
#
sema 2020