MENU
icon label
image label
blacklogo

Delage Bakal Produksi Supercar Yang Terinspirasi Dari Formula 1

AUG 11, 2020@09:00 WIB | 221 Views

Delage bukanlah nama household karena perusahaan menghentikan produksinya hampir 70 tahun yang lalu. Namun, mobil ini dihidupkan kembali dalam bentuk "supercar hybrid legal tercepat di dunia".

Disebut D12, model ini memiliki "desain ultramodern" yang mengambil inspirasi dari jet tempur dan Formula 1.

Hal itu terlihat jelas karena D12 memiliki bagian depan yang terinspirasi dari mobil-mobil F1 dengan pembagi serat karbon. Roda depan juga dipisahkan dari body utama dan terdapat penutup transparan yang memberikan tampilan kontraktif pada suspensi.

Di belakang, terdapat penutup kaca utuh yang terbuka seperti kanopi jet. Kita juga bisa melihat scoop yang dipasang di atap, ventilasi samping yang besar dan sayap belakang yang lebar. Kemudian yang menjadi sorotan berikutnya adalah roda serat karbon, diffuser besar dan unit penerangan LED.

D12 adalah kendaraan dua tempat duduk di mana pengemudi dan penumpang duduk bersama. Perusahaan tersebut mengatakan model itu akan memiliki jok serat karbon dan roda kemudi unik dengan "joystick gaya jet tempur". Kita juga bisa melihat bermacam-macam tampilan digital dan Delage menegaskan akan ada sistem audio Focal.

Akan ada dua versi D12, yang dikenal sebagai GT dan Club. Keduanya akan memiliki mesin V12 7,6 liter buatan Prancis yang didukung oleh motor listrik dan transmisi otomatis dengan 8-speed.

Mesin tersebut menghasilkan 990 hp (738 kW/1.004 PS) dan motor listrik GT akan menambah 110 hp (82 kW/112 PS) untuk membawa output gabungannya menjadi 1.100 hp (820 kW/1.115 PS). Di sisi lain, Club akan menggunakan motor ringan 20 hp (15 kW/20 PS).

Hasilnya, D12 Club akan memiliki output yang lebih rendah sebesar 1.010 hp (753 kW/1.024 PS). Namun, ia akan memiliki dry weight 2.888 lbs (1.310 kg) yang membuatnya lebih ringan 198 lbs (89.8 kg) dari GT.

Pihak Delage mengatakan bahwa GT akan berakselerasi lebih cepat, tetapi Club akan menjadi yang tercepat untuk melaju di trek mana pun. Perusahaan juga mencatat D12 dimaksudkan untuk mengalahkan rekor lap Nürburgring Nordschleife.

Mobil ini dikembangkan oleh tim teknis kelas dunia yang secara kolektif memiliki 16 gelar FIA World Champion. Ini termasuk Jacques Villeneuve (mantan uuara dunia F1) dan direktur teknis Benoit Bagur, yang dua kali memenangkan FIA Touring Car World Champion.

Jika semuanya berjalan sesuai rencana, D12 akan mulai diproduksi pada 2021. Hanya 30 unit yang akan dibangun dan masing-masing akan menelan biaya 2,3 juta US Dollar.

Dalam sebuah pernyataan, Laurent Tapie (CEO Delage) mengatakan: "Kami sangat senang dapat menghidupkan kembali Delage sebagai salah satu merek hypercar paling indah dan inovatif di dunia."

Dia menambahkan: "D12 akan menjadi penerus modern yang layak tentang keajaiban teknik yang membawa karakter asli Delage." [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
delage,
#
supercar,
#
formula 1,
#
supercar hybrid,
#
mobil hybrid