MENU
icon label
image label
blacklogo

CEO Jaguar Berbicara Soal Mobil Sport All Electric

FEB 18, 2021@18:00 WIB | 466 Views

Saat ini, Jaguar hanya membuat satu model serba listrik, I-Pace. Ini akan segera berubah setelah produsen mobil Inggris mengumumkan rencana untuk menjadi merek listrik sepenuhnya pada tahun 2025. Anehnya, XJ EV yang semula akan jatuh tempo tahun ini atau tahun depan sudah dibatalkan. Alasan paling mungkin adalah karena penurunan permintaan sedan mewah berukuran besar. Tesla Model S, Porsche Taycan, dan Audi e-tron GT sedikit lebih kecil, jadi ada kemungkinan besar Jaguar hanya memikirkan kembali strategi sedan EV-nya. F-Pace telah menjadi best seller Jag selama beberapa tahun, jadi SUV elektrik baterai tidak bisa dihindari.

Tapi bagaimana dengan mobil sport? Lagipula, Jaguar F-Type sudah ada sejak 2013 dan meskipun model tahun ini diperbarui, coupe bermesin depan dan mobil convertible menunjukkan usianya. Jadi, aman untuk mengasumsikan penerus EV F-Type akan segera hadir, bukan? Belum tentu. Berbicara kepada Top Gear, CEO Jaguar Land Rover Thierry Bollore tidak langsung mengkonfirmasi ketika ditanya apakah sebuah mobil sport berlistrik direncanakan. "Ini adalah pertanyaan yang kami perhatikan dengan sangat hati-hati. Saya tidak akan menjawabnya sekarang karena ini adalah pertanyaan penting dan kami akan menjawab ketika telah memutuskan dengan tepat apa yang ingin kami lakukan dengan portofolio baru Jaguar ini," katanya.

Ingat satu hal penting: EV mendatang Jag akan berbagi satu platform. Land Rover all-electric masa depan akan memiliki dua unit yang tersedia. Bollore mengakui lineup baru Jaguar "akan lebih kompak dibandingkan dengan yang dimiliki saat ini." Dengan kata lain, Jaguar memikirkan dengan sangat hati-hati tentang segmen apa yang akan bersaing. SUV adalah suatu keharusan dan sedan, bila dilakukan dengan benar, juga bisa menguntungkan. Mobil sport, terutama mobil convertible, adalah masalah yang sama sekali berbeda. Mereka secara historis adalah kasus bisnis yang lebih sulit untuk dibuat dan JLR, meskipun pemulihan keuangannya terus berlanjut, hampir mendekati jurang belum lama ini.

Terlepas dari apakah mobil sport berlistrik ada di masa depan, Bollore membuat sesuatu yang sangat jelas. Dia bermaksud membiarkan tim desain Jaguar "benar-benar bebas untuk mempersiapkan dan mengusulkan desain paling dramatis secara emosional yang dapat mereka bayangkan." [ibd/timBX]

Tags :

#
jaguar,
#
mobil sport all electric,
#
mobil sport jaguar,
#
xj ev