MENU
icon label
image label
blacklogo

Buat Sejarah, Atlet Esports F1 Ini Pindah ke Formula 2

JAN 13, 2022@12:30 WIB | 70 Views

Bayangkan dari bermain video game di kamar tidur lalu pindah ke balapan di sirkuit F1 yang sebenarnya. Itu mungkin mimpi sebagian besar orang, dan bagi Cem Bolukbasi, itu akan menjadi kenyataan.

Atlet Esports F1 akan membuat sejarah sebagai driver pertama yang lulus dari simulator ke Formula 2, membalap untuk Charouz Racing System pada tahun 2022. Seri ini telah menghasilkan banyak juara berperingkat tinggi, termasuk George Russell, Charles Leclerc dan Mick Schumacher dan mendukung Formula 1 dalam 14 balapan musim ini. 

Menghargai pengalamannya berkompetisi dalam balap virtual untuk kesempatan ini, atlet berusia 23 tahun tersebut berkata: “Jika saya tidak pernah berada di Esports F1, saya tidak akan pernah memiliki kesempatan untuk masuk ke mobil sungguhan, saya tidak akan berada di tempat yang sekarang ini. 

“Saya pikir menjadi pemain pertama yang melakukan ini juga sangat penting karena dapat memberikan harapan kepada banyak orang. Jika yang lain melihat bahwa satu orang bisa melakukannya, mereka akan percaya bahwa mereka juga bisa melakukannya. Kalau saya bisa dari Esports F1 ke Formula 2, siapapun juga bisa melakukannya.”

Dalam sejarah balap nyata, Cem Bolukbasi memenangkan kejuaraan motorcross Turki saat berusia enam tahun, sebelum beralih ke karting dan kemudian balap virtual. Antara 2017 dan 2019, ia berkompetisi untuk Toro Rosso di F1 Esports Series. Musim pertama melihat dia mencapai karir terbaik yaitu posisi kelima di klasemen, mengambil 35 poin dan menang balapan.

Dari sana, ia pindah Esports dengan single-seaters, melakukan debutnya di balap GT4 pada 2019. Musim lalu, ia membuat langkah penting, bersaing di F3 Asia Championship dan meraih kemenangan perdana pada debutnya di EuroFormula Open, mengakhiri musim di tempat kelima di kejuaraan dengan koleksi dua kemenangan. Kedatangannya di grid F2 juga membuatnya menjadi driver Turki pertama yang berkompetisi di seri tersebut. [dhe/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
formula 2,
#
cem bolukbasi,
#
f1 esports series