MENU
icon label
image label
blacklogo

Formula 2 dan Formula 3 Bakal Gunakan Sistem Poin Baru

OCT 30, 2021@15:00 WIB | 144 Views

Sistem poin baru telah diumumkan di tengah peraturan olahraga yang diubah untuk kejuaraan Formula 2 dan Formula 3 musim depan.

Alih-alih dipisahkan seperti sebagian besar musim ini, Formula 2 dan Formula 3 akan berjalan seperti program Formula 1 pada 2022.

Jadwal yang lebih padat untuk musim ini dipengaruhi oleh pandemi dan membantu tim secara finansial karena lebih sedikit bepergian, tetapi Bruno Michel (CEO F2 dan F3) mengatakan ada keinginan kuat dari semua pihak untuk menyatukan kembali tiga kejuaraan di akhir pekan yang sama.

Hanya dua balapan di setiap kejuaraan yang akan berlangsung di akhir pekan, bukan tiga seperti saat ini, yang terdiri dari dua sprint race pada hari Sabtu dan fitur race hari Minggu yang lebih panjang di Formula 2.

Pada musim 2022, setelah satu sesi latihan bebas per kejuaraan, grid untuk acara utama hari Minggu akan ditentukan oleh satu sesi kualifikasi masing-masing.

Poin yang diberikan untuk fitur race akan tetap sama dengan poin yang diberikan untuk grand prix Formula 1. Namun, hanya dua poin yang akan diberikan untuk pole position, turun dari empat poin jika dibandingkan 2021.

Grid untuk sprint race Formula 2 hari Sabtu akan ditentukan dengan membalikkan 10 besar kualifikasi. Delapan finish teratas kemudian akan diberikan poin tambahan dalam urutan posisi: 10, 8, 6, 5, 4, 3, 2 dan 1.

Baca juga: F1: Sebagai Rookie Formula 1 Mick Schumacher Merasa “Poin Hanyalah Bonus”

Di Formula 3, grid untuk sprint race hari Sabtu akan ditentukan dengan membalikkan 12 driver teratas dari kualifikasi. 10 besar kemudian akan diberikan poin berikut dalam urutan posisi: 10, 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2 dan 1.

Satu poin per balapan akan diberikan kepada driver yang mencapai lap tercepat tetapi hanya jika mereka finish di dalam 10 besar.

Meskipun satu balapan lebih sedikit per kejuaraan akan berlangsung pada setiap akhir pekan, telah dinyatakan bahwa jumlah putaran secara keseluruhan akan meningkat karena semakin banyak grand prix yang akan mereka dukung.[dhe/shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
formula 2,
#
formula 3,
#
balapan,
#
balapan mobil,
#
sistem poin baru