MENU
icon label
image label
blacklogo

Audi Masuki Era Balapan Listrik Dengan e-tron FE04

SEP 28, 2017@21:30 WIB | 205 Views

Era listrik sepertinya sudah mulai merambah tak hanya ke manufaktur kecil, bahkan manufaktur raksasa seperti Audi pun sudah secara resmi menghadirkan mobil balap all-electric pertama dalam sejarah mereka dengan Audi e-tron FE04. Mobil balap ini diyakini bisa mewujudkan transformasi perusahaan dari produsen mobil klasik ke penyedia mobilitas berpandangan ke masa depan di jalur balap.

"Setelah hampir 40 tahun berhasil aktif di motorsport pada tingkat tertinggi, Audi sekarang menjadi produsen mobil Jerman pertama yang bersaing di Formula E untuk menguji dan memajukan pengembangan teknologi baru untuk produksi," kata Peter Mertens, Anggota dari Dewan Manajemen, Pengembangan Teknis, AUDI AG.

Di Formula E, tim dan pabrikan diperbolehkan mengembangkan mesin yang terdiri dari motor, transmisi, bagian suspensi dan perangkat lunak masing-masing. Kombinasi motor dan transmisi merupakan inti dari Audi e-tron FE04. Para insinyur berfokus pada perancangan unit motor generator untuk efisiensi yang lebih besar. Untuk mengirimkan tenaga ke roda, Tim Audi Sport ABT Schaeffler akan menggunakan transmisi efisiensi tinggi dengan hanya satu gigi di musim 2017/2018.

Tak lengkap rasanya bila penampilan perdana tak didukung dengan tampilan yang memukau. Makanya, dipakai warna baru yang progresif yang menampilkan warna putih, hijau metalik dan hitam sebab warna dasarnya secara visual bisa membedakan Audi e-tron FE04 saat pandangan pertama dari mobil yang Lucas di Grassi kemudikan untuk memenangkan gelar juara Formula E pada bulan Juli lalu. Untuk pertama kalinya dalam karirnya, pebalap berusia 33 tahun asal Brasil itu memasuki musim baru dengan nomor mobil "1" dari hasil juara dunianya.

Rekan setim Lucas di Grassi adalah darah muda Daniel Abt (24). Pebalap dari kota Allgäu itu telah dipercaya sebagai pebalap pabrikan Audi. Daniel Abt akan mengendarai mobil nomor "66" dengan tambahan tanda warna merah yang dimaksudkan agar penonton lebih mudah membedakan mobil kedua pebalap Audi satu sama yang lain.

Audi e-tron FE04 akan membuat debut balapnya di pembuka musim Formula E di Hong Kong pada tanggal 2 Desember 2017 mendatang. Namun, mobil balap listrik terbarunya sudah bisa dilihat di trek balap dalam beberapa hari mendatang. Jumat dan Sabtu ini, pada ajang E-Mobility Play Days di sirkuit Red Bull Ring, Austria. Di sana Audi akan mempersembahkan FE04 dengan Daniel Abt di balik kemudi. Selanjutnya, dari Senin sampai Kamis, di Valencia, Spanyol, akan menjadi tempat satu-satunya tes pra-musim resmi Formula E. Nantinya, kedua pembalap Audi tersebut akan melakukan uji coba di sana. [bil/timBX]

Tags :

#
audi,
#
blackauto,
#
autonews